BPS Kasih Bukti Pembangunan IKN Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan

IKN Nusantara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi di Pulau Kalimantan moncer sepanjang 2023. Hal ini didorong oleh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

"Ekonomi tetap tumbuh di setiap pulau. Pulau Kalimantan menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang menguat pada tahun 2023, yang salah satunya ditopang oleh pembangunan IKN," ujar Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers Senin, 5 Februari 2024. 

Amalia mengatakan, ekonomi di Kalimantan tumbuh sebesar 5,43 persen sepanjang 2023. Kemudian di Sulawesi, Maluku dan Papua pertumbuhan ekonomi tercatat melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

Ekonomi RI Kuartal I Tumbuh 5,11 Persen, Aprindo: Cukup Kondusif bagi Peritel 

Amalia A Widyasanti.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Dia menjelaskan, untuk di Pulau Sulawesi pertumbuhan ekonomi sebesar 6,37 persen. Dan pertumbuhan tertinggi ada di pulau Maluku dan Papua sebesar 6,94 persen.

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

"Pertumbuhan ekonomi tahun 2023 tertinggi tercatat di provinsi Maluku Utara sebesar 20,49 persen. Kemudian diikuti Sulawesi Tengah sebesar 11,91 persen," jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan setelah meninjau Proyek Jalan Tol, IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023.

Photo :
  • Antara

Lebih lanjut Amalia mengatakan, kontribusi pertumbuhan ekonomi RI tercatat masih Jawasentris. Di mana kontribusi Pulau Jawa terhadap PDB di tahun 2023 sebesar 57,05 persen. Kemudian diikuti oleh Pulau Sumatera sebesar 22,01 persen.

Adapun secara keseluruhan, ekonomi Indonesia di 2023 tumbuh sebesar 5,05 persen. Angka itu lebih rendah dari target APBN 2023 sebesar 5,3 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya