LPS Sudah Jamin 99,94 Persen Rekening Nasabah Bank Umum

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan, hingga akhir Maret 2024 jumlah rekening nasabah yang sudah dijamin seluruh simpanannya mencapai 99,94 persen dari total rekening. 

Penjelasan XL Axiata ke BEI soal Tujuan Merger dengan Smartfren

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) II tahun 2024. 

"Jumlah rekening nasabah yang dijamin seluruh simpanannya oleh LPS hingga akhir Maret 2024 mencapai 99,94 persen dari total rekening, atau setara dengan 570.319.191 rekening untuk nasabah bank umum," kata Purbaya Jumat, 3 Mei 2024.

Sepanjang 2023, Pertamina Hulu Rokan Jadi Penghasil Migas Nomor 1 Indonesia

Purbaya menjelaskan, sedangkan untuk rekening nasabah Bank Perekonomian Rakyat (BPR) atau Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) yang sudah dijamin LPS sebanyak 99,98 persen dari total rekening atau setara 14.457.323 rekening.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Ekspansi di Tengah Ketidakpastian Global, 6 Emiten Raih Best Investortrust Companies 2024

Dia melanjutkan, LPS juga secara berkelanjutan terus melakukan asesmen dan evaluasi terhadap dinamika kinerja perbankan, ekonomi, dan stabilitas sistem keuangan.

Karyawan membersihkan logo baru Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Audy Alwi

"Dalam kaitannya dengan tingkat bunga penjaminan atau TBP agar tetap sejalan dengan perkembangan kondisi perekonomian dan perbankan," jelasnya.

Sedangkan dari sisi simpanan, LPS terus mengupayakan untuk mendukung pemulihan kinerja ekonomi, memelihara stabilitas sistem keuangan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya