Luhut Beri Bocoran WWF ke-10 Akan Hasilkan Proyek Strategis Senilai Rp 149,9 Triliun

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (Doc: Biro Komunikasi Kemenko Marves)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Bali – 120 proyek strategis terkait air dan sanitasi bernilai US$ 9,4 milyar atau setara dengan Rp 149,9 triliun akan disepakati saat World Water Forum ke-10, pada 18—25 Mei 2024 di Bali.

Target Transaksi Travel Exchange dalam Ajang BBTF Capai Rp7,61 Triliun

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka Rakor Panitia Nasional World Water Forum ke-10 di Bali, di Laguna Resort and Spa, pada Kamis, 16 Mei 2024.

"Kita harus menghasilkan concrete deliverables dari forum ini. Akan melaksanakan 120 proyek strategis terkait air bernilai USD9,4 milyar, termasuk tindak lanjut dari inisiatif Indonesia di G20 tahun 2022, yaitu G20 Bali Global Blended Finance Alliance (GBFA) yang akan mendukung pendanaan untuk aksi iklim termasuk mengatasi krisis air," kata Luhut.

Fashion Show dan Penampilan Raisa Pukau Penonton dalam Penutupan Bali Jagaditha 2024

[dok. Instagram @luhut.pandjaitan]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Kami akan mengadakan launching Sekretariat GBFA dan penandatanganan LoI dengan beberapa negara sebagai Founding Member pada 20 Mei nanti, Setneg dan Kemlu harap fasilitasi para undangan high-level yang belum mendapatkan akses masuk," sambungnya.

KPC dan Arutmin Ubah Rencana Hilirisasi Batu Bara, ESDM Siapkan Aturan Lebih Fleksibel

Luhut juga mengungkapkan bahwa forum air terbesar dunia tersebut akan dihadiri sebanyak 13.448 orang dari 148 negara. Delegasi VVIP juga hadir, yang terdiri dari 8 kepala negara dan wakil kepala pemerintahan, 3 utusan khusus, dan 38 menteri.  

"Interest terhadap acara ini semakin meningkat. Terdapat juga anggota parlemen dari berbagai negara, perwakilan daerah, asosiasi, perusahaan swasta dan pemuda," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Luhut meminta semua pihak yang terlibat dalam persiapan World Water Forum ke-10 agar memastikan secara detail pelaksanaannya karena kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa kepala negara.

“Kehadiran Presiden RI dan VVIP ini mengharuskan kita persiapkan World Water Forum ke-10 ini semaksimal mungkin,” tegasnya.

Selain itu, dia menekankan perlunya publikasi media internasional, khususnya deklarasi menteri dengan outcome tiga usulan Indonesia, yakni Integrated water resources management on small island, Centre of excellent on water and climate resilience, dan pencanangan World Lake Day, yang akan disampaikan ke PBB untuk menjadi UN Water Agenda.

Menko Luhut juga meminta perhatian pada sektor keamanan hingga kenyamanan undangan yang hadir.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Panitia Nasional World Water Forum ke-10, yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljo mengungkapkan Ministerial Meeting akan dihadiri sekitar 103 Menteri dari 132 negara.

"Namun semua ini masih terus bergerak, karena masih ada 99 Negara yang belum konfirmasi,” ujarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Photo :
  • Antara

Dia menambahkan pihaknya juga akan mengundang pelajar dari empat sekolah pada setiap harinya untuk bisa menyaksikan proses-proses yang terjadi di forum tersebut.

Hingga 17 Mei 2024, dari 13.000 yang mendaftar secara formal, peserta nasional tercatat sudah ada sekitar 2.900 orang, serta peserta dari kementerian dan panitia sebanyak 1.600 orang.

Pembicara dari dalam dan luar negeri ada 1.357 dan exhibitor media serta sponsor ada 4.890 orang.

Nantinya akan ada dua pameran yang dilakukan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), yaitu pertama Country Pavilion dan Organization Pavilion. Sebanyak 21 negara dipastikan akan mengikuti pameran ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya