Pembangunan Bandara Bali Utara Ditarget Rampung Tahun 2026

Ilustrasi menara bandara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

Jakarta - Pembangunan Bandara Internasional Bali Utara di pesisir Kubutambahan Buleleng, mendapat dukungan dari sejumlah tokoh Puri atau tokoh Kerajaan karena untuk pemerataan pembangunan di Provinsi Bali.

Akuatik Indonesia Makin Gencar Promosikan Festival OWS di Bali

Adapun, tokoh Puri yang turut mendukung proyek bandara di Pura Bali yaitu Raja Klungkung Ida Dalem Semara Putra, tokoh Puri Agung Peliatan Ida Cokorda Gde Putra Nindya, tokoh Puri Agung Blahbatuh Anak Agung Ngurah Kakarsana.

Selain itu, tokoh Puri Anyar Kerambitan Anak Agung Ngurah Bagus Erawan, tokoh Puri Anom Tabanan Anak Agung Ngurah Panji Astika, tokoh Puri Anyar Tabanan Anak Agung Ngurah Agung Juliartawa, serta tokoh Puri Agung Singaraja Anak Agung Ngurah Ugrasena.

Terungkap Nama Bandara Baru di IKN: Nusantara Airport

Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko menjelaskan pembangunan Bandara Bali Utara sudah sampai tahap untuk dikerjakan setelah mendapatkan rekomendasi dan keputusan dari Kementerian terkait dengan pembangunan dan operasional bandara.

"Kami akan eksekusi ini sebelum tahun 2026. Artinya, kita memiliki waktu dua tahun. Secara teknis dua tahun kita membangun dalam satu runway, desain kami dua lantai. Insya Allah, tahun 2026 sudah bisa berbagi tugas dengan Bandara Ngurah Rai," kata Erwanto melalui keterangannya pada Jumat, 24 Mei 2024.

UI dan UITM Shah Alam Malaysia Sinergi di Gelaran Java Bali Overland Tour 2024

Ilustrasi pesawat di bandara.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sejumlah Tokoh Puri atau Kerajaan se-Bali Dukung Bandara Bali Utara

Photo :
  • Antara

Kata dia, pembangunan Bandara Bali Utara ditargetkan akan rampung dikerjakan pada Oktober 2026, dengan waktu pengerjaan 18 bulan di atas areal seluas 900 hektare. Menurut dia, pembangunan bandara ini diperkirakan akan membuka lapangan kerja kepada 200 ribu pekerja baik di bandara maupun tempat-tempat penyangga bandara.

Apalagi dalam konsepnya, selain Bandara akan ada Aerocity atau kota bandara, Aeropolis hingga Baliwood yang akan menjadi pusat film dunia. Adapun, total dana yang diperlukan untuk membangun Bandara Bali Utara sekitar Rp50 triliun dengan estimasi Rp17 triliun dan sisanya untuk membangun kawasan penyangga bandara Aerocity sebesar Rp900 miliar, Aerotropolis hingga Baliwood. Namun, dana itu diambil bukan dari APBN tapi dana investasi.

Ia menyebut tidak ada transaksi jual beli tanah dan pengalihan kepemilikan, tapi yang ada itu sewa pakai dari warga pemilik tanah sehingga kepemilikan tanah tetap di tangan warga. "Tidak ada perpindahan kepemilikan tanah. Kami ingin sama-sama membangun," katanya.

Sejumlah Tokoh Puri atau Kerajaan se-Bali Dukung Bandara Bali Utara

Photo :
  • Antara

Sejumlah Tokoh Puri atau Kerajaan se-Bali Dukung Bandara Bali Utara

Photo :
  • Antara

Sementara Ketua Majelis Tokoh Puri Agung seluruh Bali sekaligus Raja Klungkung, Ida Dalem Semara Putra menjelaskan pembangunan Bandara Bali Utara ini untuk kebutuhan pemerataan di wilayah Bali. Sehingga, kata dia, proyek pembangunan bandara di Bali Utara ini harus didukung supaya pembangunan tidak hanya di wilayah selatan saja.

Menurut dia, dengan adanya pembangunan bandara ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran, perbaikan infrastruktur, pembukaan sentra ekonomi baru dan lainnya.

“Sebagai orang Bali saya mendukung pembangunan Bandara Bali Utara, karena banyak manfaatnya. Kami masyarakat sangat mendukung dan siap untuk mengawal pembangunan tersebut. Alam mendukung karena tidak dilukai,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya