Punya Beras 1,8 Juta Ton, Bos Bulog Jamin Stok Pangan untuk Idul Adha Aman

[dok. Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi, saat meluncurkan D'GAT 55 Mini Boss Food di Bulog Business District, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin, 27 Mei 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan, keamanan dan kecukupan pasokan pangan jelang Hari Raya Idul Adha 2024, utamanya untuk komoditas padi, jagung dan kedelai.

Berjoget Saat Pawai Takbiran, Sejumlah Pemuda di Sibolga Terjatuh dari Truk

Dia melaporkan, stok beras pemerintah yang ada di gudang Bulog saat ini tercatat mencapai sekitar 1,81 juta ton, yang merupakan gabungan dari penyerapan lokal dan pengadaan impor.

"Saat ini stok Bulog sangat aman, karena kita memiliki 1,81 juta ton stok. Jadi menurut saya itu sangat aman," kata Bayu saat meluncurkan D'GAT 55 Mini Boss Food di Bulog Business District, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin, 27 Mei 2024. 

Rayakan Idul Adha di Tengah Puing-puing, Israel Larang Warga Palestina untuk Membawa Hewan Kurban

Presiden Joko Widodo mengecek ketersediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat penerima manfaat, di kompleks Pergudangan Bulog Kampung Melayu, Kota Singkawang, Kalbar, Rabu 20 Maret 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Terlebih, berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, Bayu meyakini bahwa saat Hari Raya Idul Adha biasanya tidak terjadi peningkatan permintaan pasokan pangan sebagaimana yang terjadi di Hari Raya Idul Fitri.

Soal Kasus 490 Ribu Ton Beras Impor Tertahan di Pelabuhan, Pakar Minta KPK Turun Tangan

"Di Hari Raya Idul Adha itu sebenarnya tidak akan ada masalah. Karena saat Idul Adha itu, dalam sejarah Indonesia tidak terjadi peningkatan permintaan," ujarnya.

Bahkan, Bayu mengakui bahwa saat Hari Raya Idul Adha, justru yang kerap terjadi adalah penurunan harga khususnya komoditas daging sapi. Hal itu disebabkan banyaknya masyarakat yang melakukan kurban. 

"Jadi kalau dilihat dari sisi kebutuhan stok, tidak pernah terjadi peningkatan kebutuhan untuk stok menghadapi Idul Adha," kata Bayu.

Stok Beras di Gudang Bulog (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • vstory

Sementara untuk daya serapan lokal, Bayu mengatakan bahwa total pengadaan Bulog saat ini sudah mendekati 600 ribu ton setara beras. Karenanya, Dia pun optimistis angka tersebut bisa terlampaui pada pekan ini. 

"Sampai dengan minggu lalu itu sudah mendekati 590 ribu ton beras. Jadi minggu ini pasti sudah akan lewat 600 ribu ton untuk pengadaan beras dalam negeri ya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya