Starlink Investasi Rp 30 Miliar di Indonesia, Menteri Bahlil: Tidak Perlu Bertemu Langsung

Satelit Starlink.
Sumber :

Jakarta  Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menyebutkan layanan jasa internet Starlink menanamkan modalnya di Indonesia sekitar Rp30 miliar dengan hanya memiliki 3 orang karyawan. Bahlil mengungkapkan, data tersebut didapat dari sistem Online Single Submission (OSS) yang masuk saat Starlink mengurus perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Elon Musk Activates Starlink Internet Service in Gaza Hospital

"Starlink ini, menurut data OSS, Starlink itu investasinya 30 miliar rupiah ini. Ini menurut data OSS ya, tenaga kerjanya tiga orang yang terdaftar," kata Bahlil saat Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. 

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, dalam raker bersama Komisi VI DPR RI, Selasa, 11 Juni 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Penjelasan Sekum PP Muhammadiyah Terkait Kabar Terima Izin Kelola Tambang

Bahlil menerangkan bahwa pihaknya tidak terlihat dalam pembahasan teknis investasi Starlink. Dia menyebut perizinan berusaha yang diajukan melalui OSS tidak perlu bertemu secara langsung dengan menteri.

Bahlil menegaskan, Starlink tidak menyalahi aturan yang ada di Indonesia, sehingga bisa mendapat perizinan berusaha.

Elon Musk Aktifkan Layanan Starlink di Rumah Sakit Lapangan Gaza

"Prinsipnya adalah selama tidak menyalahi aturan dan itu dibuka sesuai dengan aturan, maka kami akan melakukan proses. Tapi, kalau ditanya mengapa dan bagaimana, posisi kami jujur kami tidak pernah membahas hal ini secara teknis, jadi kami tidak tahu, tidak terlibat," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengaku kurang memahami kementerian mana yang berhubungan langsung dengan Starlink. Bahlil menyebut kemungkinan yakni Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) lantaran terkait dengan satelit dan jaringan internet.

"Ya mungkin (Kemenkominfo) karena ada hubungannya dengan satelit ya, kalau kami hanya kebagian NIB-nya saja, izin dasar saja. Itu keluar tanpa harus ketemu tim, lewat OSS bisa, selama ada notifikasi dari kementerian teknis, sudah jalan," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Resmikan Kawasan Industri Terpadu Batang, Jokowi: Persaingan Global Makin Ketat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat, 26 Juli 2024. Menurut di

img_title
VIVA.co.id
26 Juli 2024