Jokowi Diyakinkan Bahwa Bank Dunia Sudah Berubah

Presiden Joko Widodo dalam forum bisnis di Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino
VIVA.co.id
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem
- Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, mengatakan bahwa dia telah membaca pidato Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Asia Afrika. Jokowi mengkritik Bank Dunia dan lembaga keuangan internasional lain.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi

Dalam pertemuan dengan Jokowi di Istana Merdeka pada Rabu, 20 Mei 2015, Kim langsung bercerita kepada Jokowi bahwa dulu dia adalah seorang aktivis yang ingin membubarkan Bank Dunia.
Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher


"Saya bicara langsung kepada Jokowi bahwa kenyataannya saya dulu adalah aktivis, dokter dan antropolog. Di mana 20 tahun lalu saya adalah bagian dari aksi protes yang disebut ‘Cukup 50 Tahun’ di peringatan 50 tahun grup Bank Dunia. Kami memanggil dunia untuk menutup Bank Dunia," kata Kim usai bertemu Jokowi.


Saat itu, kata Kim, dia memprotes Bank Dunia karena mereka hanya fokus pada pertumbuhan GDP dan tidak cukup investasi untuk pendidikan dan kesehatan.


Kim kemudian mengatakan kepada Jokowi bahwa Bank Dunia telah berubah sejak 20 tahun lalu. "Jadi percakapan saya dengan Jokowi bahwa saya mengatakan saya mendengarkan Anda. Kami tahu bahwa dunia telah berubah, saya berharap dia bisa mengerti, saya berharap bisa menemukan bahwa kami sangat membantu Indonesia," ujar dia.


Dalam Konferensi Asia Afrika, Jokowi menyerukan agar perekonomian dunia, termasuk Indonesia, tidak bergantung pada Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Asian Development Bank (ADB). Seruan itu mendapat respons positif dari banyak pihak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya