Menteri ESDM: Proyek Blok Masela Mendesak Disetujui

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said (kanan).
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id - Pemerintah diminta segera memutuskan persetujuan rencana pengembangan atau plan of development (POD) pembangunan kilang gas alam cair (LNG) di lapangan abadi, Blok Masela, Maluku. Keputusan mengenai persetujuan POD itu dinilai sudah mundur dari jadwal yang ditetapkan.
2024, Blok Masela Siap Produksi?
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan bahwa pemerintah harus segera mengambil keputusan untuk persetujuan POD. Ia menjelaskan, POD ini berisi detail plan, mengecek reservoar, engineering dan berbagai macam plan lain. 
Proyek Blok Masela Diminta Dipercepat
 
"Presiden katakan, keputusan investasi final atau FID (final investment decision) itu pada 2018. Mengingat ini proyek jangka panjang maka beliau perlu meyakini segala masukan baru mengambil keputusan. Tapi POD-nya harus putus sekarang-sekarang ini. Sudah terlambat, sebetulnya itu," kata Sudirman di Jakarta pada Senin 29 Februari 2016. 
Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
 
Menteri mengatakan, secara prosedural, keputusan persetujuan POD Blok Masela sebenarnya adalah oleh dirinya. Namun karena sudah menjadi perhatian publik, saat ini dibahas pada tingkatan Presiden. Namun pada akhirnya yang akan menandatangani adalah Menteri ESDM.
 
"Dan saya kira, kita tunggu wisdom (kebijaksanaan) Pak Presiden. Keputusan (FID) 2018 baru terjadi kalau sekarang diputuskan POD. Kalau tidak diputuskan maka tidak akan terjadi (2018)," ujar Sudirman.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya