Tol Kanci-Brebes Timur Siap Dioperasikan

Pintu tol Brebes Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Tol Kanci-Brebes Timur dijadwalkan akan dioperasikan pada Mei 2016 mendatang. Pengoperasian tol dengan operator Waskita Toll Road ini untuk menyambut arus mudik Lebaran pada Juni-Juli 2016 mendatang.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Kepala Cabang Jalan Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang, Zulmarlian Iskandar mengatakan, kemajuan pembangunan Jalan Tol.Kanci-Pejagan untuk pengaspalan sudah sebesar 48 persen dan pengecoran sebesar 77 persen.

Secara keseluruhan, untuk proses pengoperasian Tol Pejagan-Pemalang akan melalui beberapa tahapan. "Nanti akan datang tim layak uji fungsi jalan dan layak operasi yang tergabung dari pihak BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), Bina Marga, dan Departemen Perhubungan Darat dan rencananya Selasa dan Rabu akan datang," ujar pria yang akrab disapa Yayan di Pintu Tol Brebes Timur, Senin 25 April 2016.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Nantinya, lanjut Yayan, bila mana sudah diputuskan layak atau tidaknya, diperkirakan pada Mei 2016 akan dioperasikan dan sistem operasi akan dilakukan ujicoba terlebih dulu dan ditentukan oleh pihak BPJT.

Untuk sistem transaksinya, Yayan menjelaskan, Tol Pejagan-Pemalang seksi satu dan dua itu akan terintegrasi dengan Tol Kanci- Pejagan.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun

"Ini merupakan arahan dari Menteri PU Pera, sistem integrasinya nanti kalau yang sekarang sistem terbuka, yaitu membayar transaksi di Mertapada, tapi nantinya tidak akan membayar lagi di Mertapada, nantinya hanya mengambil kartu saja di Mertapada dan membayarnya langsung di Brebes Timur. Jadi dua tol ini akan membayar di Brebes Timur," ujarnya.

Untuk tarif integrasi kedua tol tersebut, saat ini baru tarif Tol Kanci-Pejagan yang sudah ditentukan yakni Rp24 ribu.

"Tapi untuk Pejagan-Pemalang seksi satu dan dua, tarifnya belum ditentukan karena masih nunggu uji layak dulu, baru nanti ditentukan pemerintah," katanya.

Yayan juga menuturkan, untuk panjang kedua ruas jalan tersebut adalah dari Tol Kanci ke Pejagan sepanjang 35 kilometer, dan dari Pejagan ke Brebes Timur 21 kilometer.

"Rest area ada empat, dua ada dari Kanci-Pejagan satu dan Pejagan Pemalang satu, begitupun arah sebaliknya," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya