Integrasi Pembayaran Tol Trans Jawa Mulai Berlaku 13 Juni

Tol Trans Jawa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan kemudahan untuk pengguna jalan tol. Kali ini melalui pengintegrasian pembayaran jalan tol yang dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang berbeda.

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Pengintegrasian pembayaran jalan tol trans Jawa akan dilakukan di dua cluster, Cluster pertama adalah untuk tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan. Sementara Cluster kedua adalah mulai dari Tol Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Brebes Timur.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, pembayaran di jalan tol nantinya akan dilakukan hanya pada saat ke luar di gerbang tol tujuan.

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Misalnya, pembayaran cluster pertama akan mulai diawali dengan pengambilan kartu di Cikarang Utama dan pembayaran dilakukan ujung perjalanan  seperti di Gerbang Tol Palimanan atau gerbang tol sebelumnya jika pengemudi ingin keluar.  Sementara cluster kedua pembayaran terakhir dapat dilakukan di Gerbang Tol Brebes Timur.

"Integrasi jalan terus jadi fokus kita sampai sebelum lebaran. Integrasinya sampai Brebes Timur, tapi besok yang kita uji coba baru sampai Pejagan dulu karena Brebes Timurnya kan belum dibuka," kata Herry kepada VIVA.co.id, Minggu 12 Juni 2016.

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, di Gerbang Tol Cikopo telah dilakukan pembongkaran bangunan gerbang tol guna memperlancar laju kendaraan. Di gerbang tol tersebut tidak ada lagi transaksi yang dilakukan.

Pengintegrasian pembayaran jalan tol ini secara resmi akan dimulai pada esok hari, Senin 13 Juni 2016 sejak pukul 05.55 WIB. Adapun untuk pemberlakuan esok hari akan dilakukan hingga tol Pejagan.  

"Dan pada saat Brebes Timur dibuka nanti, Rencananya kan antara tanggal 13- 17 juni diperkirakan akan dibuka. Kalau sudah maka akan terintegrasi sampai Brebes Timur," kata Herry. 

Tak hanya itu, sistem integrasi jalan tol ini akan dilakukan dengan mengoptimalkan e-toll atau menggunakan uang elektronik. "Sudah kalau di cluster 1, itu sudah ada Mandiri, BRI, BNI, BCA,  cluster 2 nanti kita coba," kata dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya