Mengenal Piccolo Latte, Kopi Susu Gaya Italia

Ilustrasi secangkir kopi.
Ilustrasi secangkir kopi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Piccolo latte adalah minuman misterius. Kopi dengan tambahan susu ini mungkin sulit ditemukan dan seringnya disalahpahami. Namun, piccolo latte bisa menjadi tambahan yang bagus untuk menu kedai kopi, dengan espresso yang menendang dan susu yang lembut. Bagi pelanggan, ini adalah alternatif yang lezat untuk pilihan kopi klasik. Apa itu Piccolo Latte?

Piccolo diterjemahkan menjadi 'kecil' dari bahasa Italia, tetapi minuman ini bukan sekadar latte kecil. Piccolo latte, atau piccolo, seperti yang biasa disebut pada menu kopi, adalah minuman susu kecil yang biasanya disajikan dalam gelas 85-114 ml. Saša Sestic, pemilik Ona Coffee dan World Barista Champion 2015, menggambarkannya sebagai “satu bagian espresso dan dua bagian susu kukus dengan lapisan busa sutra di atasnya”.

Lebih khusus lagi, ia mendefinisikan pengukuran sebagai "single shot espresso, sekitar 20-30 ml, dengan 40-60 ml susu". Single shot espresso dibalut dengan susu, memungkinkannya menyatu dengan kopi, dan memiliki sedikit busa di atas minuman. Artinya, rasa espresso bisa keluar tanpa berlebihan.

SUMBER ASLI