Review Italia vs Spanyol di Euro 2020, Gli Azzuri Menang Adu Penalti

Spanyol vs Italia
Sumber :

VIVA – Hasil Italia vs Spanyol Euro 2020, Italia unggul lewat penalti. Timnas Italia berhasil lolos secara dramatis ke final Euro 2020 usai memenangi drama adu penalti 4-2 atas Spanyol setelah hasil pertandingan waktu normal berakhir imbang 1-1 di Stadion Wembley, Inggris, Rabu (07/07/21).

Tangis Chiharu Shida Usai Jepang Gagal ke Final Uber Cup 2024

Pertandingan kedua tim tersebut harus ditentukan lewat adu penalti karena sepanjang waktu normal dan extra time, kedua kubu hanya bisa bermain imbang 1-1. 

Skor imbang 1-1 menjadi hasil di waktu normal. Italia memimpin lebih dulu berkat gol yang diciptakan oleh Federico Chiesa pada menit ke-60. Berselang 20 menit, Spanyol baru bisa menyamakan skor lewat aksi Alvaro Morata 20.

Arsenal Harus Tetap Bermimpi Rebut Juara Premier League

Selama 2x15 menit tambahan waktu tidak ada yang menciptakan gol dari kedua tim. Untuk mendapatkan pemenang, pertandingan harus ditentukan lewat adu tendangan penalti. 

Kegagalan eksekusi Morata membuat Italia di atas angin. Sebagai penendang terakhir Jorginho memastikan kemenangan serta kelolosan Gli Azzurri ke final.

Viral Kiper Jepang Menangis di Tengah Laga Final Piala Asia U-23

Pertandingan semifinal Italia vs Spanyol Euro 2020:

Babak Pertama

Pertandingan sudah berlangsung menarik sejak awal babak pertama. Peluang pertama dari Italia ketika aksi Nicolo Barella digagalkan tiang gawang. Ternyata Barella sudah berdiri dalam posisi offside.

Setelah itu, penguasaan bola dikuasi oleh Spanyol. Sebenarnya, Dani Olmo sempat memiliki peluang emas untuk membuka keunggulan untuk timnya. Namun sayang, tembakannya masih bisa dihalau oleh Gianluigi Donnarumma.

Di akhir babak pertama, Emerson hampir saja membawa Italia unggul jika usahanya tak digagalkan mistar gawang. Hasil sementara skor imbang tanpa gol di babak pertama. 

Babak Kedua

Di babak kedua, Spanyol kembali memegang kendali permainan. Sergio Busquets memperoleh peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-52, sayangnya tembakannya masih melambung tipis di atas gawang Donnarumma.

Satu jam laga berjalan, Italia akhirnya mendapatkan keberuntungan lewat aksi brilian Chiesa. Dia mendapatkan bola liar di tepi kotak penalti, bintang Juventus itu melakukan satu dua sentuhan sebelum melepas tembakan melengkung yang tak bisa dijangkau oleh Unai Simon.

Spanyol pun langsung tersengat dengan gol Chiesa ini. Namun sayang, Mikel Oyarzabal gagal meneruskan umpan Koke, demikian pula dengan aksi Olmo yang masih gagal membuahkan gol.

Italia hampir saja menggandakan keunggulannya pada menit ke-68 ketika Berardi lolos dari jebakan offside saat menerima umpan terobosan Chiesa. Namun sayang, tembakannya masih bisa digagalkan Simon.

Perjuangan Spanyol untuk menyamakan kedudukan dengan Italia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-80 lewat aksi Morata yang baru masuk sejak pertengahan babak kedua.

Mendapat bola di garis tengah, Morata melakukan akselerasi dan kerja sama satu-dua dengan Olmo. Morata pun sukses menaklukkan Donnarumma untuk membuat skor menjadi sama kuat 1-1.

Pada pertandingan waktu normat, skor pada kedua tim imbang 1-1. Pertandingan ini pun dilanjutkan dengan babak extra time. 

Extra Time dan Adu Penalti

Pertandingan Italia dan Spanyol berjalan cukup alot pada babak extra time. Donnarumma melakukan dua penyelamatan terencana untuk menggagalkan peluang Spanyol.

Domenico Berardi hampir mencetak gol pada menit ke-110. Namun, gol ini dibatalkan karena penyerang sayap Sassuolo itu sudah lebih dulu berdiri dalam posisi offside.

Skor kedua tim tetap 1-1 hingga extra time berakhir. Untuk mendapatkan pemenang pertandingan tersebut harus ditentukan lewat adu tendangan penalti. Di babak penalty inilah Italia menjadi tim yang lebih beruntung.

Tendangan pertama kedua tim sama-sama menemui kegagalan. Lalu, ketika serangkaian sukses, Morata menjadi pesakitan ketika eksekusinya bisa dimentahkan oleh Donnarumma.

Jorginho yang bertindak sebagai penendang terakhir Italia sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Italia pun mendapatkan skor unggul 4-2 dan menjadi pemenang.

Berikut jalannya adu penalti:

Penalti 1 Italia : Gagal (Locatelli)
Penalti 2 Spanyol: Gagal (Dani Olmo)
Penalti 3 Italia: Gol (Belotti)
Penalti 4 Spanyol:  Gol (Moreno)
Penalti 5 Italia: Gol (Bonucci)
Penalti 6 Spanyol: Gol (Thiago)
Penalti 7 Italia : Gol (Bernardeschi)
Penalti 8 Spanyol: Gagal (Alvaro Morata )
Penalti 9 Italia : Gol (Jorginho)
Italia lolos ke final Euro 2020 usai menang 4-2 lawan Spanyol.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3):

Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson/Toloi (74); Nicolo Barella/Locatelli (85), Jorginho, Marco Verratti/Pessina (74); Federico Chiesa/Bernardeschi (107), Ciro Immobile/Berardi (62), Lorenzo Insigne/Belotti (85)

Spanyol (4-3-3):

Unai Simon; Cesar Azpilicueta/M Llorente (85), Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Koke/Rodri (70), Sergio Busquets/Alcantara (106), Pedri; Ferran Torres/Alvaro Morata (62), Mikel Oyarzabal/Moreno (70), Dani Olmo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya