Indonesia U-23 Kalah dari Irak U-23

Indonesia U-23 vs Irak U-23
Sumber :
  • twitter.com/afcasiancup

Qatar – Indonesia U-23 kalah dari Irak U-23 dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. Bermain di Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis malam WIB 2 Mei 2024, skuad asuhan Shin Tae-yong kalah dengan skor 1-2.

Sofyan Amrabat Senang dengan Performanya Bersama Man Utd

Pertandingan Indonesia U-23 vs Irak U-23 berlangsung menarik sejak menit awal. Kedua mencoba untuk bisa mencetak gol lebih dulu, sehingga saling jual beli serangan terjadi.

Indonesia U-23 yang berhasil membuka keunggulan dalam pertandingan ini. Tendangan keras mendatar yang dilepaskan oleh Ivar Jenner pada menit 19 tak mampu dihentikan oleh kiper Irak U-23, Hussein Hasan.

Tiket Timnas Indonesia Mahal, PSSI Minta Maaf

Tapi keunggulan Indonesia U-23 cuma bertahan delapan menit. Irak U-23 yang coba untuk melakukan pressing tinggi berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Zaid Tahseen.

Indonesia U-23 vs Irak U-23

Photo :
  • AFC
Timnas Indonesia Lolos Olimpiade 2024 karena Guinea Didiskualifikasi, Benarkah?

Di sisa waktu babak pertama, kedua tim saling jual beli serangan kembali. Akan tetapi, tidak ada yang bisa memanfaatkan peluang untuk menjadi gol.

Indonesia U-23 memulai babak kedua dengan coba menerapkan pressing ketat kepada Irak U-23. Mereka tak membiarkan lawan dengan nyaman menguasai bola di area pertahanan sendiri.

Skema tersebut beberapa kali berujung dengan keberhasilan mencuri bola dari kaki lawan. Namun setelah itu, kreasi serangan tidak maksimal, sehingga peluang yang diciptakan minim.

Justru Irak U-23 dengan skema serangan balik cepatnya kerap membuat Indonesia U-23 dalam situasi terancam. Beruntung bagi Garuda Muda, karena peluang dari lawan masih bisa digagalkan.

Indonesia U-23 vs Irak U-23

Photo :
  • twitter.com/afcasiancup

Skor imbang 1-1 bertahan sampai wasit meniup peluit tanda 90 menit waktu normal usai. Untuk menentukan pemenang, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Enam menit paruh pertama babak tambahan berjalan, Irak U-23 berbalik unggul 2-1 atas Indonesia U-23. Tembakan keras Ali Jasim tak mampu dibendung Ernando Ari.

Shin Tae-yong merespons ketertinggalan itu dengan menarik Witan Sulaeman dan memasukkan Ramadhan Sananta. Indonesia U-23 coba untuk menekan pertahanan Irak U-23, tapi memang sulit untuk ditembus.

Dalam kondisi fisik yang terkuras, pada paruh kedua babak tambahan Indonesia U-23 mencoba menekan semaksimal mungkin. Tapi tak ada gol yang mampu diciptakan.

Meski kalah dari Irak U-23, tapi Indonesia U-23 masih memiliki peluang lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Mereka akn memainkan babak play-off melawan Guinea sebagai wakil Afrika.

Susunan Pemain

Indonesia U-23: Ernando Ari; Ilham Rio Fahmi (Fajar Fathurahman 79'), Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Ivar Jenner (Ikhsan Nul Zikrak 117'), Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman (Ramadhan Sananta 96'), Kelly Sroyer (Komang Teguh 79'), Rafael Struick.

Irak U-23: Hussein Hasan; Mustafa Saadoon, Zaid Tahseen, Ahmed Hasan, Josef Baiz, Karrar Mohammed (Amin Al Hamawi 90'), Muntadher Mohammed (Karrar Saad 112'), Ali Jasim (Halo Faiq 113'), Blnd Azad (Muntadher Abdulameer 67'), Ridha Fadhil (Zaid Ismael 90'), Nihad Mohammed.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya