La Nyalla Mattalitti Resmi Calonkan Diri sebagai Ketua Umum PSSI

La Nyalla Mattalitti kembali mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI
Sumber :
  • Antara

VIVA Bola – La Nyalla Mattalitti kembali mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI periode 2023-2027. Menurutnya tujuan kembali mendaftar lantaran masih memiliki utang kepada para pemilik suara atau voter PSSI.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

“Saya masih mempunyai utang untuk menyelesaikan tugas-tugas dari voters yang meminta saya menjadi ketua umum,” ujar La Nyalla di GBK, Jakarta, Jumat 13 Januari 2023

Mantan Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti.

Photo :
  • VIVA/Rahmad Noto (17-12-18)
Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Tentu masih teringat jelas ketika La Nyalla memimpin PSSI periode 2015-2019. Saat itu Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi memutuskan untuk membekukan PSSI.

Selain itu, pada 30 Mei 2015 PSSI juga mendapatkan sanksi pencabutan keanggotaan oleh FIFA. Setahun kemudian, tepatnya 10 Mei 2016, Pemerintah Indonesia menghentikan pembekuan tersebut. Tiga hari kemudian FIFA menyusul dengan menyetop sanksinya.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Meski sanksi yang diberikan kepada PSSI telah rampung, La Nyalla tidak dapat melanjutkan kepemimpinannya di PSSI lantaran terjerat kasus dugaan korupsi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur.

La Nyalla pun sempat mendekam di penjara selama tujuh bulan sebelum bebas pada 27 Desember 2016.

“Saya bebas murni, tuduhan kepada saya tidak terbukti sampai akhirnya saya menjadi Ketua DPD RI. saya kemudian mau mencalonkan diri menjadi Ketua Umum PSSI (tahun 2019), tetapi saat itu sudah ada Pak Iwan Bule yang saya anggap kredibel,” ungkapnya

“Sekarang saya terpanggil lagi karena saya melihat sudah waktunya saya membayar utang amanah yang diberikan oleh voter PSSI,” sambung La Nyalla dikutip dari Antara.

Soal pendaftaran sebagai bakal calon ketua umum PSSI, La Nyalla mengaku baru mengantongi dua dukungan dari dua voter, yakni Asprov Jawa Timur dan Persela. Meski terbilang minim, ia yakin dukungan dari voter akan terus mengalir seiring waktu.

 Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI La Nyalla Mahmud Mattalitti

Photo :
  • VIVA / Nur Faishal (Surabaya)

“Dua dukungan itu hanya untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI. Kami akan membuktikan di dalam bilik, bukan (hanya) lewat kata-kata,” ujarnya

La Nyalla mengaku memiliki banyak rencana hebat untuk PSSI. Namun saat ditanya rencana apa saja itu, ia mengatakan bakal mengungkap ketika waktunya telah tiba.

“(Diungkap) saat ada debat kandidat,” paparnya

Adapun Kongres Luar Biasa (KLB) untuk pemilihan jajaran anggota Komite Eksekutif PSSI, termasuk ketua umum, akan digelar 16 Februari 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya