Tepis Wacana Pembekuan PSSI, Menpora Melunak?

Menpora Imam Nahrawi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, akan berkoordinasi dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, sebelum mengambil langkah lebih jauh terkait kisruh dengan PSSI. Menpora juga menepis anggapan kalau pihaknya akan membekukan PSSI bila tidak merespons surat terakhirnya.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Hubungan Menpora dan PSSI belakangan ini memang memanas. Pemicunya adalah status dua tim peserta Liga Super Indonesia (ISL) atau QNB League, Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Menurut Kemenpora, kedua tim ini tidak layak tampil di ISL karena masih tersandung dualisme kepemilikan. Sedangkan PSSI melalui PT Liga Indonesia beranggapan kedua tim sudah lolos verifikasi dan bisa tampil di liga tertinggi Tanah Air musim ini.

Menpora telah mengirimkan surat teguran kedua kepada PSSI. Dalam suratnya, Menpora memberi waktu bagi PSSI untuk merespons hingga batas waktu 1x24 jam. Bila tidak, pihaknya akan menjatuhkan sanksi administratif yang menjurus kepada pembekuan izin.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Namun Menpora menepisnya. Menurut Menpora, pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam mengambil langkah selanjutnya. Bahkan Imam yang merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut juga ingin berkoordinasi dengan presiden dan wapresi RI.

"Nanti akan saya pikirkan kembali. Kami akan mempertimbangkan banyak hal karena terus terang mencegah kerusakan yang lebih besar itu lebih diutamakan," kata Imam Nahrawi kepada wartawan di kantornya, Kamis 16 April 2015 .

"Jadi itu prinsip kami. Selama ada kepentingan yang lebih besar dari itu semua, tentu saya harus berkomunikasi lebih lanjut dengan Presiden dan Wakil Presiden sehingga baru kami akan mengambil langkah berikutnya," ia menambahkan.

Saat ini, Menpora mengaku sedang fokus untuk mencari jalan tengah untuk masalah Arema dan Persebaya. Pria asal Bangkalan, Madura itu juga sudah menghubungi beberapa pihak

"Termasuk anggota DPR dari Dapil Malang untuk mempertemukan pihak yang berkonflik. Saya juga memberi waktu kepada mereka untuk segera memberi pernyataan hitam di atas putih dengan materai bahwa mereka sungguh-sungguh sepenuh hati menyelesaikan konflik manajemen tim," jelas Menpora.

![vivamore="
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan
Baca Juga :"]

Harapan Pelatih Timnas untuk Calon Ketua Umum Baru PSSI

Agum: Jangan Tanggapi Surat FIFA dengan Emosional

Soal Surat FIFA, Kemenpora Bakal Temui PSSI

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya