Soal PSSI, Jokowi Dukung Menpora

Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi baru saja bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla secara terpisah. Pertemuan itu membahas nasib Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Jokowi tetap mendukung langkah Menpora. "(Posisi Presiden) mendukung apa yang dilakukan Menpora," kata Gatot di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 25 Mei 2015.

Jokowi, kata Gatot, lebih menyototi soal masalah PSSI yang lebih mengakar. Di mana masalah sepak bola Indonesia ini multidimensi. "Jadi persoalan bola kan bukan semata persoalan menang dan kalah tapi multidimensinya yang di dalam itu apa saja, itu yang mejadi penekanan Pak Jokowi," kata dia.

Sebelumnya JK usai bertemu dengan Imam menyatakan bahwa PSSI harus aktif lagi. Dia juga optimistis sore ini Menpora Imam Nahrawi akan mencabut SK pembekuan PSSI usai bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Lihat berita lengkapnya pada tautan ini.

Jokowi, kata Gatot, telah mengetahui pernyataan yang disampaikan JK. Namun mantan wali kota Solo itu enggan dipertentangkan dengan wakilnya tersebut.

"Beliau tahu apa yang disampaikan Pak JK wajar, intinya sama-sama untuk penyelesaian, mungkin sudut pandang saja agak berbeda," kata Gatot.

"Beliau dengan bijak ingin mengatasi masalah sepakbola tapi apa yang disebutkan Pak Jokowi itu pada yang lebih mengakar, masalah bola secara keseluruhan,"  Gatot menambahkan.

Saat didesak apakah Jokowi mendukung langkah pembekuan PSSI, Gatot, justru meminjam istilah asing. "Beliau tidak mengatakan secara khusus cuma bahasanya, kalau bahasa filmnya the show must go on (pertunjukan harus tetap jalan). Tapi beliau tidak ingin dipertentangkan dengan pak JK," kata Gatot.

Sebelumnya, Menpora, juga menegaskan bahwa pencabutan SK pembekuan PSSI bukan satu-satunya opsi yang dihasilkan dalam pertemuan dengan JK. Masih ada opsi lainnya yang perlu dipertimbangkan. Menpora juga berpendapat, pihaknya harus mengkaji opsi-opsi itu. Lihat berita lengkapnya pada tautan ini.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022