Kegemaran Klub Pakai Bek Asing Bisa Bunuh Timnas

Bek timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-23 mendapatkan masalah serius jelang SEA Games 2017, Malaysia. Timnas kekurangan stok pemain di sektor bek tengah.

Hansamu Yama Kecewa Duel Persita Tangerang Vs Persija Jakarta Ditunda

Sudah ada 40 hingga 50 pemain yang disodorkan PSSI kepada pelatih Timnas, Luis Milla Aspas. Sayangnya, cuma ada enam pemain yang berstatus sebagai bek tengah murni.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, menyatakan fenomena ini muncul akibat kesalahan dalam pemilihan pemain di klub. Ya, memang selama ini, klub-klub di Indonesia jarang memberikan kesempatan kepada pemain muda yang berposisikan sebagai bek tengah untuk tampil sebagai starter.

Kemarin Hansamu, Sekarang Witan Sulaeman

Mereka justru lebih gemar memberikan peran starter kepada bek tengah asing. Hanya ada beberapa pemain muda yang usianya di bawah 23 tahun dan bisa bermain di SEA Games nanti. Sebut saja, Hansamu Yama Pranata, Rudolof Yanto Basna dan Manahati Lestusen.

"Ini dampak dari kegemaran klub sering memakai bek asing. Kami juga ingin pembinaan pemain muda berjalan dan mereka bermain di kompetisi," kata Danurwindo.

Hansamu 'Tiru' Aksi Ronaldo Berujung Bikin Warganet Elus Dada

Terkait masalah ini, mantan pelatih Persija Jakarta tersebut berencana untuk menggelar pertemuan dengan Milla. Dalam pertemuan tersebut, Danurwindo akan berdiskusi dengan pelatih asal Spanyol itu terkait krisis bek tengah yang dialami Timnas.

"Memang ada masalah di situ (bek tengah). Kami akan memberi informasi kepada Milla, terkait kurangnya pemain di posisi bek tengah. Ini PR kami, artinya harus dibangun dari bawah," terang Danurwindo. (one)

Brodo luncurkan sepatu bola yang digunakan Evan Dimas dan Hansamu

Mengenal Senjata Perang Evan Dimas dan Hansamu, Si Kalem Brodo Mezzala

Brand sepatu asal Indonesia, Brodo, untuk pertama kalinya meluncurkan produk sepatu sepakbola dan digunakan Evan Dimas serta Hansamu Yama

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2023