Mencegah Dominasi Bayern di Bundesliga

Pemain Bayern Munich rayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Leon Kuegeler

VIVA – Bayern Munich berpeluang besar meraih gelar juara Bundesliga keenam beruntun, musim ini. Sebab, Bayern saat ini sudah unggul jauh dari rival terdekat.

Dapat Kuota Tambahan, Serie A dan Bundesliga Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Dengan 13 pertandingan tersisa, Bayern kokoh di puncak klasemen sementara dengan unggul 18 poin dari Bayer Leverkusen yang membayangi di posisi dua.

Jika mampu tetap menang dalam beberapa laga ke depan, Bayern pun diprediksi sudah mengunci gelar juara pada Maret 2018, meski Bundesliga belum berakhir.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Situasi ini menjadi perhatian legenda Bayern, Stefan Effenberg. Dia menawarkan konsep kompetisi demi mencegah dominasi Bayern di Bundesliga terus berlanjut.

Dia memiliki konsep, Bundesliga harus dibagi menjadi dua grup yang masing-masing dihuni sembilan klub. Dan akan berlaga kandang dan tandang hingga libur Natal.

Skenario Bundesliga Kirim 6 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Di paruh kedua musim, empat klub teratas di dua grup itu digabung demi bersaing menjadi juara. Sementara itu, sisanya bersaing di grup lain demi lolos dari degradasi. 

"Sehingga juara liga tidak mungkin sudah ada di bulan Februari atau Maret," kata Effenberg seperti dilansir Soccerway, Kamis 8 Februari 2018.

"Sebab di awal Januari (paruh kedua kompetisi), semua klub akan memulai kembali persaingan dengan 0 poin," lanjut Effenberg.

Dengan konsep ini, Effenberg pun memprediksi Bundesliga akan kembali menarik. "Tidak hanya itu, rating juga akan melonjak," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya