Thailand Juara Piala AFF Wanita U-16 2018

Thailand juara Piala AFF U-16 Wanita 2018.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana (13-05-18)

VIVA – Sepakbola Thailand menahbiskan diri sebagai yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Dua gelar Piala AFF Wanita U-16 di dua edisi terakhir, menjadikan Negeri Gajah Putih unggul di sektor putri.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Thailand memastikan trofi juara usai menaklukkan Myanmar 1-0 di partai final AFF U-16 Girls Championship 2018. Pada duel yang tersaji di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Minggu malam, 13 Mei 2018, Thailand unggul melalui gol tunggal Janista Jinantuya di menit ke-46.

Permainan kedua tim sejatinya cukup berimbang. Selama 45 menit babak pertama, kedua tim silih berganti melancarkan serangan. Sayang, tidak ada peluang yang berbuah gol hingga menutup interval babak pertama dengan skor 0-0.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Memasuki babak kedua Thailand membuat kejutan. Saat kick off di paruh kedua baru dibunyikan, Thailand langsung menggebrak melalui gol Janista Jinantuya. Keunggulan ini bertahan hingga pertandingan usai dan memastikan trofi kedua bagi Thailand.

Dalam gelaran tahun ini, Thailand tampil cukup stabil. Di penyisihan grup, Thailand tampil digdaya dengan menyapu bersih tiga kemenangan. Thailand baru menemui kesulitan ketika harus berjumpa Vietnam di babak semifinal.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Dengan kekuatan berimbang, Thailand tidak mampu menembus pertahanan Vietnam. Selama 90 menit pertandingan di waktu normal, Thailand gagal mencetak gol.

Kedudukan sama kuat 0-0 memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak tos-tosan, Thailand tampil lebih beruntung. Lima pemain mereka sukses mencetak gol, sementara satu pemain Vietnam gagal menjalankan tugasnya.

Vietnam bisa sedikit berbangga karena berhasil meraih medali perunggu. Di perebutan tempat ketiga, Vietnam sukses mengungguli timnas Laos melalui drama adu penalti.

Pada pertandingan yang digelar sebelum laga final ini, kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 90 menit. Sehingga pertandingan harus berlanjut di babak adu penalti. Di babak tos-tosan Vietnam mampu tampil lebih baik dan mengungguli Laos 3-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya