FAKTA: Bukti Belgia Adalah Tim Berbahaya

Para pemain Timnas Belgia merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Marcos Brindicci

VIVA – Performa buas Timnas Belgia dalam laga perdana kontra Panama, jadi alarm bahaya bagi para unggulan Piala Dunia 2018 lainnya. Bagaimana tidak, pasukan Roberto Martinez sudah mampu memetik kemenangan telak di laga perdananya.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Belgia menggasak tim debutan, Panama, dengan skor 3-0, dalam laga perdana Grup G Piala Dunia 2018 yang digelar di Fisht Stadium, Sochi, Senin 18 Juni 2018 WIB. Sumbangan satu gol Dries Mertens dan brace Romelu Lukaku, memastikan poin sempurna De Rode Duivels dalam kiprah awal di ajang ini.

Usai kemenangan Belgia atas Panama, Opta mencatat beberapa fakta menarik yang pas untuk disimak. Dimulai dari Panama yang gagal mengikuti jejak Senegal. Ya, Panama yang berstatus tim debutan gagal memetik kemenangan dalam laga perdana di Piala Dunia.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Terakhir kali ada tim debutan yang mampu memetik kemenangan di laga perdananya adalah Senegal di Piala Dunia 2002. Kala itu, Senegal mempecundangi juara Piala Dunia 1998, Prancis, leway gol tunggal Papa Bouba Diop.

Kemudian, ada rekor yang berhasil disamai oleh bintang kemenangan Belgia, Romelu Lukaku. Ya, dua gol yang dicetak Lukaku menggenapkan 5 gol yang dicetaknya dalam turnamen besar internasional.

Romelu Lukaku dalam Bidikan Klub Arab Saudi

Jumlah tersebut membuat nama Lukaku sejajar dengan legenda hidup Timnas Belgia, Marc Wilmots, dan hanya butuh satu gol lagi untuk menyamai pencetak gol terbanyak di turnamen besar, Jan Ceulemans (6 Gol).

Selain fakta ini, masih ada beberapa fakta menarik lainnya yang membuktikan bahwa Belgia layak difavoritkan sebagai juara Piala Dunia 2018.

7 Fakta Pasca Belgia Menang Telak Atas Panama:

1. Belgia melanjutkan rekor kemenangan beruntun di ajang internasional. Kemenangan atas Panama adalah yang ke-20 kali secara beruntun diraih Belgia. 

2. Terakhir kali Belgia takluk adalah pada September 2016. Saat itu Belgia takluk 0-2 dari Spanyol.

3. Panama gagal menyamai rekor yang dibuat Senegal di Piala Dunia 2002, sebagai tim debutan Piala Dunia yang mampu memetik kemenangan di laga perdana. 

4. Bintang kemenangan Belgia, Romelu Lukaku, punya catatan minor di babak pertama. Ya, dalam 45 menit awal Lukaku hanya 7 kali melakukan sentuhan bola. Lukaku hanya mampu melakukan 1 tembakan ke gawang, melepaskan 2 umpan berhasil, dan gagal memaksimalkan 4 peluang.

5. Lukaku juga jadi satu-satunya pemain yang tak menerima umpan dari pengatur serangan Belgia, Kevin De Bruyne, dalam laga ini.

6. Dua gol Lukaku dalam laga ini mengantarnya menyamai rekor gol kedua terbanyak di turnamen besar yang dimiliki Wilmots, dengan catatan 5 gol. Lukaku hanya butuh satu gol lagi untuk menyamai atau melewati pemegang rekor pencetak gol terbanyak Belgia di ajang resmi, Jan Ceulemans.

7. Dries Mertens adalah pemain Belgia pertama yang sukses mencetak gol dalam dua Piala Dunia sejak terakhir kali Marc Wilmots (Piala Dunia 1998 dan 2002).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya