Timnas Belgia, Teror Setan Merah Sebenarnya

Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA – Pasca kemenangan dramatis Timnas Belgia atas Jepang, Roberto Martinez secara tersirat memuji pasukannya. Juru taktik armada De Rode Duivels mendapatkan pelajaran berarti bagi Eden Hazard cs di laga ini. Kemenangan atas Jepang juga seperti mendorong Si Setan Merah untuk terus melaju melibas lawan.

Kata Pelatih Uzbekistan Usai Dipecundangi Jepang di Final Piala Asia U-23

Belgia mampu mengubur mimpi Jepang lolos ke perempat final Piala Dunia 2018, usai memetik kemenangan 3-2 dalam laga babak 16 besar di Rostov Arena, Rostov-On-Don, Selasa 3 Juli 2018 dini hari WIB. 
Bukan perkara mudah bagi Belgia bisa memenangkan laga ini. Sebab, Belgia yang lebih diunggulkan justru tertinggal lebih dulu dari Jepang. Tak tanggung, Jepang sempat dua kali membobol  gawang Thibaut Courtois.

(Baca Juga: Gila, Jepang Dua Kali Bobol Gawang Belgia dalam 4 Menit)

Jepang Juara Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Sang Penghancur Timnas Indonesia

Akan tetapi, Belgia pada akhirnya dengan tenang dan perlahan mampu bangkit dan memenangkan pertandingan. Tiga gol kemenangan mampu dibuat Belgia dalam tekanan defisit gol, masing-masing lewat Jan Vertonghen, Marouane Fellaini, dan gol penentu di menit akhir lewat aksi Nacer Chadli.

(Baca Juga: Dramatis, Belgia Susah Payah Singkirkan Jepang)

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Tak terlalu banyak berkomentar usai pertandingan, Martinez menyebut laga ini adalah sebuah ujian penting bagi karater pemain, dan tim. Sebab, dua dari tiga gol kemenangan Belgia lahir dari pemain pengganti. Fellaini yang masuk menit 65, mampu mencetak gol di menit 74. Sementara Chadli yang masuk ke lapangan di menit yang sama dengan Fellaini, mampu mencetak gol di menit injury time.

"Itulah yang terjadi di sebuah Piala Dunia. (Pertandingan) itu adalah ujian karakter dan ujian bagi sebuah tim. Ini memberitahu anda segalanya tentang tim ini," ujar Martinez dikutip FIFA.com.

Kemenangan ini mengantar Belgia melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018. Di babak perempat final, Belgia akan berhadapan dengan favorit juara lainnya, Brasil, yang sebelumnya menghentikan laju Meksiko. Duel Brasil kontra Belgia akan digelar di Kazan Arena, Kazan, Sabtu 7 Juli 2018 dini hari WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya