Ansu Fati Jadi Pemain Termuda yang Pernah Bela Timnas Spanyol

Pemain muda timnas Spanyol, Ansu Fati.
Sumber :
  • Goal

VIVA – Penyerang Barcelona, Ansu Fati, memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang pernah bermain untuk tim nasional Spanyol sejak tahun 1936. Fati mencatatkan rekor tersebut setelah tampil di laga debutnya utuk timnas Spanyol pada laga kontra Jerman di ajang UEFA Nations League.

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Memang, pemain berusia 17 tahun itu sudah mencuri perhatian sejak melakoni debutnya bersama tim senior Barcelona pada musim 2019/2020. Meskipun, ia harus mengakhiri musimnya dengan pahit karena gagal meraih satu gelar pun.

Fati menjalani debutnya untuk Barcelona pada usia 16 tahun 298 hari pada tanggal 25 Agustus 2019 dalam pertandingan LaLiga melawan Real Betis. Pada musim lalu, tercatat ia tampil dalam 33 pertandingan di semua ajang dengan mencetak 8 gol.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Performa mengesankannya selama musim 2019/2020 berujung pada pemanggilan dari Luis Enrique ke timnas Spanyol pada bulan September ini. Bahkan, ia bukan hanya dipanggil, tetapi juga diberikan menit bermain.

Fati masuk ke lapangan tepatnya setelah jeda turun minum dalam laga kontra Jerman untuk menggantikan Jesus Navas. Dalam laga tersebut, Fati sukses mengantarkan La Furia Roja menahan imbang Jerman dengan skor 1-1.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Dengan kehadirannya di lapangan Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, pada Jumat 4 September 2020, dini hari WIB, maka Fati tercatat sebagai pemain termuda kedua untuk timnas Spanyol.

Melansir Marca, rekor termuda pemain timnas Spanyol masih dipegang oleh Angel Zubieta yang menjalani debutnya pada usia 17 tahun 284 hari ketika La Furia Roja menghadapi Cekoslovakia pada April 1936.

Ansu Fati yang merupakan pemain naturalisasi asal Guinea-Bissau menjadi anggota ke-800 di timnas Spanyol dan berhasil melakoni debutnya pada usia 17 tahun 308 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya