Krisis di Lini Pertahanan, Barcelona Paksa De Jong Jadi Bek

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong.
Sumber :
  • instagram

VIVA – Barcelona sempat dibuat waswas pada matchday kedua Grup G Liga Champions 2020/2021 melawan Juventus, di Allianz Stadium, Kamis 29 Oktober 2020, dini hari WIB. Mereka harus kehilangan seorang bek, yakni Ronald Araujo karena cedera.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

El Barca memang datang ke Italia dengan kondisi pincang karena tidak bisa memainkan bek andalannya, Gerard Pique. Ia mendapatkan larangan bermain lantaran diganjar kartru mereka pada laga sebelumnya melawan Ferencvaros.

Di pertandingan melawan Juventus, Araujo ditarik keluar saat pertandingan memasuki babak kedua dan digantikan Sergio Busquets. Hal tersebut membuat pelatih Barcelona, Ronald Koeman, berimprovisasi dengan menaruh Frenkie De Jong sebagai bek tengah untuk menemani Clement Lenglet.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Untungnya, Azulgrana berhasil keluar sebagai pemenangan pada laga tersebut. Merek menang dengan 2-0 berkat gol dari Ousmane Dembele (14') dan Lionel Messi (90'+1').

Dengan cederanya Araujo, stok bek tengah Barcelona menjadi menipis. Pemain lainnya, Samuel Umtiti, belum bisa dimainkan karena menjalani proses pemulihan cedera yang dialaminya.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Namun, Koeman cukup beruntung karena pada beberapa kesempatan saat membesut Timnas Belanda, ia kerap memainkan De Jong sebagai bek tengah. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bukan tidak mungkin De Jong akan kembali disulap jadi palang pintu El Barca.

"Kami sudah tahu sejak awal musim bahwa kami memiliki opsi terbatan area bek tengah. Jika kami kehilangan seseorang, kami akan berada dalam masalah," kata Koeman, seperti dikutip Marca, Kamis 29 Oktober 2020.

"Frenkie De Jong pernah bermain di sama saat kami bersama di Timnas Belanda. Dia pun bisa dengan baik bermain di posisi itu," ujar mantan pelatih Benfica tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya