Strategi Koeman Agar Barcelona Belajar Tanpa Lionel Messi

Lionel Messi
Sumber :
  • instagram

VIVA – Ferencvaros bersiap menjamu Barcelona di Puskas Arena dalam matchday kelima Grup G Liga Champions, Kamis dini hari WIB 3 Desember 2020. Tim tamu datang dengan membawa sejumlah pemain lapis kedua.

Ilaix Moriba, Eks Barcelona yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-23

Jelang laga, pelatih Barcelona Ronald Koeman berbicara skuatnya tanpa Lionel Messi. Ini kali kedua sang megabintang itu tak diikutkan, sebelumnya saat berhadapan dengan Dynamo Kiev 25 November 2020. 

Koeman tampaknya mulai membiasakan Barcelona agar tak ketergantungan dengan Messi. Alasan lainnya, ia ingin mengistirahatkan Messi dan memberikan kesempatan bagi pemain lain.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

"Ini tidak biasa untuk Messi beristirahat, saya tahu ini, tetapi saya telah berbicara dengannya tentang hal itu bahkan jika keputusan ada di tangan saya," ujar Koeman dikutip dari Marca, Rabu 2 Desember 2020.

"Mengingat kalender musim ini, ada dua momen ketika saya bisa mengistirahatkannya, di Kiev dan laga nanti. Kami sudah memenuhi syarat dan dengan cara ini saya bisa memberikan kesempatan kepada pemain lain," tambahnya. 

5 Fakta Mengerikan Real Madrid Usai Juara LaLiga 2023/2024

Koeman menuturkan, selain di Liga Champions Barcelona harus memenangkan laga lainnya di LaLiga. Untuk itu ia lebih memilih mengistirahatkan Messi.

"Kami harus memenangkan pertandingan di LaLiga, jadi ini adalah waktu yang tepat baginya untuk beristirahat. Lusa tidak akan ada kesempatan lain untuk melakukan itu," kata dia.

Mengumpulkan 12 poin hasil dari empat pertandingan, Barcelona unggul tiga angka dari Juventus yang ada di peringkat kedua klasemen Grup H Liga Champions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya