Pembelaan Sebastian Coltescu Dituding Rasis saat PSG Vs Basaksehir

Sebastian Coltescu.
Sumber :
  • fanpage.it

VIVA – Sosok Sebastian Coltescu menjadi perhatian dalam duel Paris Saint-Germain  (PSG) melawan Istanbul Basaksehir di matchday 6 penyisihan Grup H Liga Champions, Rabu dini hari WIB, 9 Desember 2020. Menjabat sebagai ofisial keempat, dia melontarkan kalimat bernada rasis di Parc des Princes.

Dapat Kuota Tambahan, Serie A dan Bundesliga Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Kejadin bermula saat Coltescu beradu mulut dengan asisten pelatih Basaksehir, Pierre Webo. Ujungnya, mantan pemain Timnas Kamerun tersebut dikartu merah.

Wasit yang bertugas, Ovidiu Hategan, lalu bertanya kepada rekannya tersebut siapa yang harus diberi hukuman. Dengan menggunakan bahasa Rumania, Coltescu mengatakan, "untuk si negro".

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

Baca juga: Tertunda karena Rasisme, PSG Vs Basaksehir Dilanjutkan Malam Ini

Kejadian ini berbuntut panjang. Baik pemain PSG maupun Basaksehir menolak untuk melanjutkan permainan. Laga terhenti di menit 14 saat kedudukan masih imbang 0-0.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Terkait hal tersebut, Coltescu memberikan pembelaan. Menurutnya kata Negru yang diucapkannya bukanlah hal rasis.

"Negru dalam bahasa Rumania berarti hitam. Saya tidak rasis," ucapnya kepada Telefoot.

Terkait insiden ini, lewat sebuah pernyataan, UEFA mengutuk keras segala tindakan rasisme. Mereka juga memastikan duel lanjutan PSG vs Basaksehir dilanjutkan malam ini, atau Kamis dini hari pukul 00.55 WIB. Laga dimulai lagi dari menit ke-14. 

"Setelah berdiskusi dengan kedua klub, UEFA dengan alasan yang luar biasa, memutuskan untuk melanjutkan menit tersisa pertandingan besok, dengan ofisial tim yang baru," demikian bunyi pernyataan UEFA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya