Publik Indonesia Bisa Tonton Final J League YBC Levain Cup

Cerezo Osaka akan berhadapan dengan Nagoya Grampus
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Final J League YBC Levain Cup akan berlangsung akhir pekan ini. Yang akan berhadapan adalah Cerezo Osaka melawan Nagoya Grampus di Saitama Stadium, Sabtu 30 Oktober 2021 mulai pukul 11.05 WIB.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

J League YBC Levain Cup merupakan kompetisi yang berlangsung sejak 1992. Hampir setiap musimnya berganti format, namun tidak mengurangi gengsinya.

Ini kali pertama Nagoya Grampus lolos ke partai puncak. Sedangkan Cerezo Osaka pernah sekali lolos ke final saat jadi juara pada tahun 2017 lalu.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Laga ini akan mempertemukan dua tim yang berasal dari Jepang bagian tengah, artinya sama-sama bukan berasal dari ibu kota.

Ibu Kota Jepang, Tokyo, atau lebih tepatnya daerah metropolitan Greater Tokyo Area memang pusat sepak bola di kasta teratas sepak bola Jepang. Musim ini, dari 20 tim J1 League, delapan di antaranya berasal dari Greater Tokyo Area.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Duel dua tim dari Jepang bagian Tengah ini juga memastikan bahwa trofi J.League YBC Levain Cup akhirnya akan keluar dari ibu kota. Memang, dalam tiga musim terakhir, tim dari Greater Tokyo Area selalu jadi juara, dimulai dari Shonan Bellmare (2018), Kawasaki Frontale (2019), dan musim lalu F.C.Tokyo (2020).

Tim terakhir yang bukan dari ibu kota yang berhasil juara adalah Cerezo Osaka pada 2017 saat menang 2-0 lawan Kawasaki Frontale di partai puncak.

Musim ini merupakan gelaran ke-29 J.League YBC Levain Cup sepanjang sejarah dan diikuti oleh 20 tim Meiji Yasuda J1 League 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya