Alasan FIFA Gelar Piala Dunia 2022 di Qatar Adalah Omong Kosong

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal
Sumber :
  • twitter.com/OnsOranje

VIVA – Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal melontarkan pernyataan keras terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar. Dia mengkritik alasan FIFA.

PSSI dan KNVB Jalin Kerja Sama, Ini yang Bakal Direncanakan

Piala Dunia 2022 Qatar akan diselenggarakan mulai 21 November hingg 18 Desember 2022. Jadwal ini bergeser dari biasanya di pertengahan tahun.

Pergeseran jadwal tak lepas dari cuaca di Qatar. Jika menyelenggarakan di musim panas, cuacanya pasti akan sangat menyulitkan.

27 Tim Ini Dipastikan Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025, Sisa 5 Tiket Lagi

Karena itulah kemudian FIFA memundurkan jadwal menjadi musim dingin. Namun, bagi van Gaal ini adalah keputusan konyol.

Bahkan van Gaal mengkritik alasan FIFA dalam menunjuk Qatar sebagai tuan rumah karena ingin mengembangkan sepakbola. Baginya itu cuma omong kosong.

Mantan Bintang Liga Inggris Beri Pengakuan Soal Timnas Indonesia U-23

"Kami akan bermain di negara, di mana FIFA mengatakan akan membantu mengembangkan sepakbola. Itu omong kosong," kata van Gaal, dikutip dari Tribal Football.

Timnas Belanda

Photo :
  • Twitter/@OnsOranje

Menurut van Gaal, menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, orientasi FIFA cuma uang. Karena di sana banyak perusahaan kaya raya.

"Turnamen di Qatar adalah tentang uang dan kepentingan komersial. Itulah yang penting bagi FIFA," tutur pria berusia 70 tahun tersebut.

Qatar merupakan salah satu negara Timur Tengah yang memiliki banyak uang. Di sekitar mereka pun, negara penghasilan tinggi ada.

Inilah yang kemudian jadi sumber ketidakpercayaan van Gaal terhadap FIFA. Tujuan untuk membangun sepakbola adalah kamuflase.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya