Bayern Munich dan PSG Juara, Julukan 'Liga Petani' Semakin Kental

Bomber PSG, Kylian Mbappe.
Sumber :
  • AP Photo/Francois Mori

VIVA – Bayern Munich dan Paris Saint-Germain (PSG) baru saja menjuarai liga masing-masing akhir pekan lalu. Bayern sukses menjuarai Bundesliga sedangkan PSG sukses menjadi juara Ligue 1.

Berakhirnya Kisah Thiago Alcantara dengan Liverpool

Dengan sisa tiga pertandingan, Bayern yang mengumpulkan 75 poin tak bisa dikejar Borussia Dortmund yang mengumpulkan 63 poin.

Sedangkan PSG mengumpulkan 78 poin dari 34 laga. Posisi mereka tak bisa dikejar Olympique Marseille (65 poin) dengan empat pertandingan sisa.

Timnas Inggris Dapat Kabar Buruk dari Harry Kane

Meskipun demikian, tetap saja cibiran muncul terkait sukses dua klub tersebut. Predikat Farmers League atau Liga Petani semakin melekat pada Bundesliga maupun Ligue 1.

Bayern Munich juara Bundesliga 2021/2022

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader
Aston Villa Lolos ke Liga Champions, Pernah Juara Berkat Gol Eks Pelatih Timnas Indonesia

Betapa tidak, dua liga tersebut dianggap tidak kompetitif. Satu tim saja yang mampu mendominasi sedangkan tim lainnya menjadi pelengkap.

Di Bundesliga, Bayern telalu dominan. FC Hollywood sukses juara dalam 10 musim beruntun.

Secara total, Bayern sudah mengoleksi 32 gelar Liga Jerman, sangat jauh dengan pesaing terdekat FC Nuernberg dengan 9 gelar. Sedangkan Borussia Dortmund yang kerap disebut pesaing Der Klassiker baru mengumpulkan 8 gelar Bundesliga.

Dominasi PSG dalam Satu Dekade
Sementara itu, jika bicara Prancis, PSG sebenarnya belum menjadi raja. Raihan mereka yakni 10 gelar Ligue 1 masih sejajar dengan Olympique Marseille dan Saint Etienne.

Namun, predikat Liga Petani tetap saja melekat pada Ligue 1. Itu melihat dominasi PSG dalam satu dekade terakhir.

Dalam 10 musim terakhir, PSG sukses delapan kali juara. Mereka hanya mampu diganggu AS Monaco (2016/17) dan Lille (2020/21).

Gelontoran uang yang dikeluarkan sang Presiden Nasser Al Khelaifi membuat PSG menjadi tim tak tersentuh di Prancis. Namun, catatan tersebut tetap saja dianggap gagal. Sebab, target sesungguhnya Les Parisiens adalah Liga Champions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya