Bukan PSG, Ini Satu-satunya Klub Prancis Peraih Gelar Liga Champions

Olympique Marseille juara Liga Champions 1992-93.
Sumber :
  • Pinterest.

VIVA –  Pamor Olympique Marseille di Ligue 1 dalam beberapa musim terakhir harus tenggelam. Mereka kalah kelas dari Paris Saint-Germain (PSG) yang doyan membeli pemain bintang.

Dapat Kuota Tambahan, Serie A dan Bundesliga Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

PSG tampil mendominasi dalam 10 musim terakhir. Les Parisiens merebut delapan gelar Ligue 1 dalam periode tersebut.

Sedangkan gelar terakhir Ligue 1 Marseille diraih pada 2009/10. Namun, mereka masih memiliki satu hal yang pantas dibanggakan.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

Dilansir berbagai sumber, hingga kini Marseille tercatat sebagai satu-satunya klub Prancis yang merebut gelar Liga Champions.

Marseille menjadi juara di musim 1992-93, di musim perdana era Liga Champions. Mereka sukses menang tipis 1-0 atas raksasa Italia, AC Milan, di partai final di Olympiastadion, Munich.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Sayangnya, usai menjadi juara, kabar tak sedap menghampiri Marseille. Mereka tersandung kasus pengaturan skor, sehingga gelar di Liga Prancis harus dicabut.

Marseille juga tak bisa tampil di Liga Champions musim selanjutnya sebagai juara bertahan, dan kehilangan hak bermain Piala Intercontinental dan Piala Super Eropa.

Nasib Sial PSG
Dengan kekuatan uang dari sang Presiden Nasser Al-Khelaifi, PSG kerap diunggulkan menjadi juara Liga Champions. Namun, entah mengapa hingga kini mereka tak bisa mengangkat trofi si Kuping Besar.

Megabintang PSG, Lionel Messi.

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Prestasi terbaik PSG adalah menjadi runner up di musim 2019/20. Les Parisiens takluk 0-1 dari Bayern Munich dalam laga final di Estadio da Luz.

Musim ini, PSG kembali mengalami kegagalan meski mendatangkan bintang sekaliber Lionel Messi dan Sergio Ramos. Armada Mauricio Pochettino takluk 2-3 secara agregat dari Real Madrid di babak 16 besar.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya