On This Day: Meksiko Awali Mimpi Buruk Jerman di Piala Dunia 2018

Pemain Meksiko Edson Alvarez rayakan kemenangan atas Jerman di Piala Dunia 2018
Sumber :
  • AP Photo/Matthias Schrader

VIVA – Timnas Jerman hancur lebur di Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Berstatus sebagai juara bertahan, armada Joachim Loew justru harus terhenti di babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Pecinta sepakbola Indonesia pasti ingat ada sosok Shin Tae-yong di balik tangisan Jerman. Kekalahan 0-2 dari Korea Selatan di laga pamungkas penyisihan Grup F membuat Jerman gagal lolos dari babak awal Piala Dunia, untuk kali pertama sejak 1938.

Namun, sebelum hasil tersebut mimpi buruk Jerman sudah diawali dari Timnas Meksiko. Der Panzer takluk 0-1 dalam laga perdana penyisihan Grup F di Luzhniki Stadium, Moskow, 17 Juni 2018.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Gol tunggal Hirving Lozano di menit 35 membuat Jerman harus gigit jari. Ini menjadi kemenangan perdana tim dari zona CONCACAF atas Jerman di Piala Dunia, sekaligus kemenangan pertama tim asal benua Amerika atas Jerman di Piala Dunia dalam 16 tahun terakhir.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Kehilangan Karakter

Bermain dengan skuad yang hampir serupa dengan Piala Dunia 2014, Jerman diharapkan mampu mengulang sukses empat tahun sebelumnya di Brasil. Nyatanya, pada laga perdana, Mesut Oezil cs langsung tumbang.

Melawan tim dengan serangan balik cepat, Jerman terlihat kewalahan. Peran para gelandang, terutama Oezil, sangat minim. Hanya Toni Kroos yang masih menampilkan umpan-umpan dan sepakan jarak jauh untuk mengancam gawang lawan.

Para penyerang macam Timo Werner dan Mario Gomez juga tak bisa berbuat banyak. Bek Meksiko bisa bertahan sangat rapi.

Thomas Mueller jadi penenti kemenangan Jerman atas Rumania

Photo :
  • twitter.com/DFB_Team

Pemain Jerman Thomas Mueller tak segan mengakui jika permainan timnya sangat buruk dan tak menunjukkan karakter juara bertahan. Padahal, mereka kembali tampil dengan mengusung target juara.

"Dengan hasil ini sekarang kami harus memenangkan dua laga sisa. Kami berada dalam tekanan hebat. Dan jika kami ingin meraih target itu, kami harus menunjukkan karakter juara," ujar pemain Bayern Munich dikutip Sportskeeda.

"Kami tak perlu mengubah apa-apa. Kami tak menginginkannya. Tapi, terkadang kami masih melakukan hal yang salah di waktu yang tidak tepat," jelasnya.

Pada akhirnya, Jerman gagal bangkit. Sempat menekuk Swedia 2-1, Jerman kalah 0-1 dari Korsel besutan Shin Tae-yong di laga ketiga. Jerman harus finis di dasar klasemen Grup F dengan catatan tiga poin dari tiga laga.

Baca berita On This Day lainnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya