BDS Ajak Indonesia, Ini 5 Negara Menolak Bermain Bersama Timnas Israel

Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Sumber :
  • instagram.com/israel_football_association

VIVA Bola - Boycot Divestment and Sanction (BDS) atau dalam bahasa Indonesia Boikot, Divestasi dan Sanksi mengajak Timnas Indonesia U20 untuk menolak Timnas Israel U20 berlaga di Piala Dunia U20 yang akan diselenggarakan di Indonesia, Kamis 30 Juni 2022.

Geger Ratusan Tawon Serang Pasukan Israel di Gaza, Belasan Tentara Terluka

BDS merupakan sebuah gerakan yang sudah ada pada 2005, yang memiliki tujuan untuk mengakhiri konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina. Selain itu juga organisasi tersebut menuntut untuk meruntuhkan dinding perbatasan yang dibangun oleh Israel.

BDS meminta pemerintahan Israel untuk mengakui hak-hak asasi warga Palestina dengan kesetaraan penuh, melindungi dan mengangkat hak pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah kelahirannya.

Mortir Hamas Gempur Rafah, Nyaris Selusin Tentara Israel Sekarat

Seperti dilansir dari BDS Indonesia, gerakan ini yang dipelopori oleh Omar Barghouti dari Palestina sejak 2005 merupakan cara efektif untuk menekan diakhirinya penjajahan Palestina berdasarkan hukum internasional dan prinsip-prinsip hak asasi manusia.

"Kami percaya bahwa dengan 270,6 juta penduduk yang dimilikinya, Indonesia memiliki massa demografis yang nyata dalam menekan Israel untuk segera tunduk kepada hukum internasional dan prinsip HAM, serta segera mengakhiri penjajahan di Palestina." kata Omar Barghouti.

Shin Tae-yong Janji Bakal Lancar Bahasa Indonesia

Berikut beberapa negara yang menolak bermain bersama Timnas Israel, seperti dilansir dari Channel Youtube Youtube Bola Toplist, Sebagai berikut:

1. Timnas Iran

Pemain Timnas Iran merayakan gol ke gawang Kamboja

Photo :
  • twitter.com/theafcdotcom

Hingga saat ini Timnas Iran menjadi tim yang menentang bermain bersama Timnas Israel. Bahkan dua pemain Timnas Iran Hajsafi dan Shojaei yang bermain untuk klub Yunani Panionios FC dicoret oleh skuad Timnas Iran ketika kedua pemain tersebut bermain menghadapi klub asal Israel di ajang Piala Europa pada 2017 lalu.

"Hajsafi dan Shojaei tidak lagi mendapatkan tempat di timnas Iran. Mereka sudah langgar batas merah iran. bermain melawan representasi Israel tidak dapat diterima oleh negara." kata Mohammad Reza Davarzani selaku menteri olahraga dilansir dari Youtube Bola Toplist.

2. Timnas Argentina

Lionel Messi juara Finalissima 2022 bersama Timnas Argentina

Photo :
  • AP Photo/Matt Dunham

Pada persiapan Piala Dunia di Rusia 2018 lalu, Timnas Argentina dijadwalkan akan menggelar uji coba menghadapi Timnas Israel di Yerusalem. Akan tepi Timnas Argentina memutuskan untuk membatalkan pertandingan tersebut setelah mempertimbangkan politik di tengah konflik Israel dan Palestina.

"Asosiasi Sepakbola Argentina akhirnya memutuskan keputusan yang tepat dengan membatalkan laga persahabatan melawan Timnas Israel." kata Gonzalo Higuain penggawa Timnas Argentina.

Selain itu juga, Bintang Argentina, Lionel Messi mengatakan, sebagai duta UNICEF, saya tidak bisa bermain melawan orang yang membunuh anak-anak Palestina yang tak bersalah. Kami harus membatalkan karena kami mengutamakan kemanusiaan.

3. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia rayakan gol ke gawang Nepal

Photo :
  • PSSI.org

Timnas Indonesia salah satu yang paling berperan dalam menyingkirkan negara penjajah tersebut dari Benua Asia pada 1960 han. Semuanya berawal ketika Timnas Indonesia yang berpeluang besar tampil di Piala Dunia memilih untuk tidak bertandingan dengan Timnas Israel di babak kualifikasi 1958.

Sikap menolak tersebut sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan warga Palestina yang tengah berjuang terkait penjajahan yang dilakukan oleh Israel. Bahkan Presiden Soekarno pada saat itu juga sangat bersemangat dalam penolakan segala bentuk kolonialisme, akan tetapi aksi penolakan tersebut membuat Timnas Indonesia mendapatkan sanksi FIFA dengan lalaran bermain selama satu tahun.

Empat tahun berjalan, ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962, Presiden Soekarno secara tegas tidak akan mengundang Israel, meskipun sanksi diterima oleh Indonesia, namun langkah itu mampu menginspirasi negara-negara lain untuk menyikirkan negara Israel dari benua ASIA.

4. Timnas Turki

Pemain Timnas Turki rayakan gol.

Photo :
  • AP Photo/Mindaugas Kulbis

Sebelum Timnas Indonesia, Timnas Turki lebih dulu menolak untuk bermain dengan Timnas Israel di kualifikasi pada Piala Dunia 1958, bergabung dengan grup yang diisi oleh Timnas Israel. Turki yang dikenal sebagai pendukung penuh warga Palestina lebih memilih untuk tidak bermain dengan Timnas Israel dalam ajang tersebut.

5. Timnas Mesir

Mohamed Salah saat membela Timnas Mesir

Photo :
  • Twitter/@CAF_Online

Masih di kualifikasi Piala Dunia 1958, selain Timnas Turki dan Timnas Indonesia. Timnas Mesir juga menolak untuk bermain dengan Timnas Israel, Timnas Mesir yang tergabung dalam satu grup bersama Indonesia dan Sudah, memilih untuk tidak bermain dengan Timnas Israel, ini merupakan salah satu bentuk solidaritas kepada warga Palestina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya