3 Fakta Penyakit Kanker Testis yang Menyerang Sebastien Haller

Penyerang Borussia Dortmund, Sebastien Haller
Sumber :
  • twitter.com/BVB

VIVA Bola - Peyerang anyar Borussia Dortmund, Sebastien Haller dikonfirmasi menderita penyakit kanker testis setelah terjatuh dalam sesi latihan pada Senin kemarin, 19 Juli 2022. Kanker testis merupakan kanker di organ kelamin pria yang memproduksi hormon pria dan sperma.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Sebastien Haller didatangkan oleh Borussia Dortmund dari Ajax Amsterdam pada awal Juli dengan harga kesepakatan 31 juta poundsterling atau setara dengan Rp557 miliar. Pemain asal pantai Gading tersebut mendapatkan kontrak selama empat musim.

"Striker Borussia Dortmund, Sebastien Haller harus meninggalkan tempat latihan lebih awal. Selain itu, ia langsung dipulangkan kembali ke Jerman untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut." tulis pernyataan Borussia Dortmund dilansir dari situs resmi, Selasa 19 Juli 2022.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Awalnya Sebastien Haller mengeluh tidak enak badan setelah menjalani latihan pada senin pagi. Dalam pemeriksaan medis lebih mendalam, ia menderita tumor testis. Selama beberapa hari mendatang tim doktor akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut di pemusatan medis.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

"Borussia Dortmund meminta agar privasi pemain dan keluarganya dihormati dan tidak ada pertanyaan yang diajukan. Segera setelah kami memiliki informasi lebih lanjut, kami akan memberitahu Anda melalui konsultasi dengan pemain." tulis pernyataan lebih lanjut dari klub asal Jerman tersebut.

Sementara Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Sebastian Kehl mengakui kabar tersebut telah membuat semua orang terkejut. Selain itu juga Kehl akan berjuang dan mendukung terus demi kesembuhan Sebastien Haller.

Striker Timnas Pantai Gading, Sebastien Haller.

Photo :
  • Twitter/@CAF_Online

"Berita ini hari ini mengejutkan Sebastien Haller dan kita semua. Seluruh keluarga BVB berharap Sebastien segera pulih dan kami dapat memeluknya lagi segera. Kami akan melakukan segala daya kami untuk memastikan bahwa dia menerima perawatan sebaik mungkin." kata Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Sebastian Kehl

Selama dua musim berseragam Ajax Amsterdam, Sebastien Haller telah mencetak 47 gol dan 16 assist dari 65 pertandingan di semua kompetisi.

Pada saat Liga Champions, pemain 28 tahun tersebut tampil sangat luar biasa ketika berhasil mencetak 11 gol hanya dalam delapan pertandingan, sebelum pada akhirnya tersingkir di babak 16 besar.

Sebastien Haller pindah ke Borussia Dortmund untuk menggantikan Erling Haaland yang memutuskan bergabung dengan Manchester City pada musim panas ini. Namun sayang Sebastien Haller belum memiliki kesempatan bermain di Bundesliga.

Berikut beberapa fakta penyakit Kanker testis yang menyerang Sebastien Haller, seperti dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Jenis Kanker Testis

Kanker testis terbagi menjadi beberapa jenis, pembagian ini berdasarkan sel di mana kanker testis bermula. Jenis yang sering didapatkan merupakan kanker testis sel nutfah yang merupakan jenis sel yang digunakan oleh tubuh untuk membentuk sperma. Kanker testis sel nutfah dibagi menjadi dua yaitu semi normal dan non semi normal.

2. Penyebab Kanker Testis

Kanker testis terjadi saat sel-sel didalam tubuh tidak normal dan tidak terkendali. Belum diketahui secara pasti penyebab kondisi seperti ini. Namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, sebagai berikut:

- Penderita kriptorkismus, yaitu kondisi testis yang tidak turun
- Menderita kelainan perkembangan testis, misalnya akibat sindrom Klinefelter
- Pernah menderita kanker testis sebelumnya
- Memiliki keluarga dengan riwayat kanker testis
- Menderita HIV/AIDS
- Berusia 15–49 tahun.

3. Gejala Kanker Testis

Kanker testis bisa hanya tumbuh di bagian kelamin. Namun gejala yang sering terjadi munculnya benjolan atau pembekakan di bagian kelamin, benjolan tersebut bisa sebesar kacang.

- Nyeri di testis atau skrotum
- Penimbunan cairan di skrotum
- Rasa berat atau tidak nyaman di skrotum
- Sakit atau pegal di area perut dan selangkangan
- Perbedaan ukuran dan bentuk dari kedua sisi kantong skrotum

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya