5 Pemain Belakang Terbaik yang Punya Postur Tubuh Kecil

Dua legenda Liga Champions, Carles Puyol dan Alessandro Del Piero
Sumber :
  • El Pais

VIVA Bola - Pemain belakang terbaik yang memiliki postur tubuh kecil. Dalam dunai sepak bola pastinya miliki beberapa posisi. Namun pemain belakang tidak kalah penting, bahkan sangat penting sebagai posisi pemain belakang. Menjadi pemain belakang biasanya harus memiliki postur tubuh yang tinggi itu merupakan nilai yang sangat ideal untuk seorang pemain belakang.

Elkan Baggott Dipastikan Tak Gabung Indonesia U-23

Meskipun memiliki badan tinggi dan tubuh besar bukan merupakan keharusan untuk menjadi pemain belakang. Namun keuntungan tubuh besar bisa menguasai bola tinggi dan menjaga penyerang musuh untuk melakukan sundulan.

Namun dalam sepak bola modern ada beberapa pemain yang memiliki tubuh pendek akan tetapi mampu bermain dengan baik meskipun memiliki keterbatasan dalam ukuran tubuh. Para pemain yang memiliki keterbatasan dalam masalah ukuran tinggi tidak menghalangi niatnya untuk menjadi pemain belakang yang luar biasa.

Perjalanan Luar Biasa Girona Hingga Tembus Liga Champions

Berikut beberapa pemain belakang terbaik yang memiliki postur tubuh kecil, seperti dikutip dari Sportskeeda sebagai berikut:

1. Carles Puyol

AC Milan Mulai Berani Belanja Pemain Mahal

Carles Puyol Kawal Tur Trofi Liga Champions di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Siapa yang tak kenal dengan legenda Barcelona dan Spanyol. Carles Puyol merupakan pemain belakang yang luar biasa. Ia sudah menjadi pemain andalan Barcelona dan Timnas Spanyol ia juga dinobatkan sebagai pemain belakang terbaik sepanjang masa.

Carles Puyol memiliki tinggi badan 1,78 meter. Ini merupakan ukuran yang sangat tidak ideal untuk menjadi seorang pemain belakang. Namun tidak untuk Carles Puyol. Para striker papan atas pernah merasakan kesulitan untuk melewati pria berusia 44 tahun tersebut.

Selama bersama Barcelona, Carles Puyol telah memainkan 600 pertandingan lebih, selain itu juga bersama Timnas Spanyol ia menjadi salah satu pemain yang mampu tampil 100 pertandingan.

Bersama Timnas Spanyol ia pernah meraih juara Piala Eropa pada tahun 2008 dan 2012, serta meraih Piala Dunia 2010. Sementara di Level klub ia telah raih lima trofi LaLiga, tiga trofi Liga Champions dan dua Piala Dunia Antarklub.

2. Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro

Photo :
  • http://forzaitalianfootball.com

Fabio Cannavaro merupakan salah pemain belakang terbaik yang pernah dimiliki oleh Italia. Fabio Cannavaro memiliki tinggi badan 1,76 meter. Meskipun memiliki ukuran tinggi yang terbilang sangat tidak ideal. Namun ia mampu membuat para penyerang tak berkutik di hadapannya.

Selain itu juga, Fabio Cannavaro juga pernah membela beberapa klub besar Eropa seperti Juventus, Real Madrid dan Inter Milan.

Fabio Cannavaro menjadi kapten Timnas Italia, saat mengantarkan negaranya menjadi juara Piala Dunia pada tahun 2006 saat mengalahkan Prancis. Setelah memenangkan Piala Dunia, ia terpilih sebagai pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or, prestasi yang sangat langka untuk seorang pemain belakang.

3. Javier Mascherano

Pemain Barcelona, Javier Mascherano

Photo :
  • fcbarcelona.com

Ketika masih bermain untuk Liverpool, Javier Mascherano bermain sebagai gelandang bertahan. Pada 2010 ia memutuskan untuk bergabung bersama Barcelona.

Namun karena masalah krisis pemain belakang yang mengalami banyak cedera. Akhirnya Pep Guardiola memutuskan untuk merubah posisi Javier Mascherano menjadi pemain belakang, meskipun ia memiliki postur tubuh sekitar 1,74 meter.

Meskipun memiliki postur tubuh yang kecil. Namun ia bermain sangat luar biasa. terlihat ia memerankan peran penting saat meraih kemenangan 3-1 saat menghadapi Manchester United di final Liga Champions.

4. Lisandro Martinez

Lisandro Martinez

Photo :
  • Twitter: Manchester United

Lisandro Martinez masih aktif sebagai pemain. Ia merupakan pemain baru Manchester United yang didatangkan dari Ajax Amsterdam pada musim panas ini, ia juga sudah menjalani debutnya saat menghadapi Rayo Vallecano, ia tampil sangat luar biasa dan mendapatkan pujian ari Erik Ten Hag.

Pemain asal Argentina tersebut memiliki tinggi 1,75 meter. Meskipun memiliki postur tubuh yang terbilang kecil. Namun ia selalu menang dalam duel memperebutkan bola.

Selain itu penyerang seperti Erling Haaland dan Darwin Nunez pernah merakan keganasan dari Lisandro Martinez ketika pemain 24 tahu tersebut masih berada di Ajax Amsterdam.

5. Philipp Lahm

Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm

Photo :
  • Zimbio

Philipp Lahm merupakan legenda sepak bola Jerman dan Bayern Munchen. Ia memiliki tinggi badan paling kecil di natar daftar pemain belakan terbaik dunia yang memiliki postur tubuh paling kecil yaitu 1,70 meter.

Meskipun memiliki postur tubuh paling kecil. Akan tetapi ia mampu bermain yang luar biasa mengawal lini pertahanan Bayern Munich dan Timnas Jerman. Selain itu juga selama bermain sebagai pemain sepak bola ia tidak pernah mendapat kartu merah sepanjang karirnya.

Bersama Bayern Munich, Philipp Lahm telah menenangkan berbagai trofi termasuk Bundesliga. Ia pertama kali masuk timnas Jerman pada Piala Eropa 2004 dan pertama kalinya bermain untuk piala dunia pada tahun 2006.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya