Thailand Harap-harap Cemas Susul Indonesia dan Vietnam ke Piala Asia

Timnas Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-20
Sumber :
  • AFC

VIVA Bola – Thailand masih punya harapan menyusul Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam U-20 ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan sebagai wakil dari Asia Tenggara. Meskipun peluangnya kecil. 

Terpopuler: Marselino Ferdinan Negara Lucu, Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah mencapai babak akhir. Sembilan dari sepuluh grup sudah menyelesaikan seluruh rangkaian pertandingannya.

Sembilan juara grup di kualifikasi dan satu tuan rumah telah memastikan tiket putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Kesembilan juara grup tersebut adalah Arab Saudi, Qatar, Jepang, Jordania, Korea Selatan, Indonesia, Oman, Tajikistan, dan Iran. Sedangkan, tuan rumah Uzbekistan sudah dipastikan lolos otomatis.

Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23 untuk Lawan Guinea

Selain juara grup, ada beberapa runner up grup yang juga telah memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Sebab, 6 runner up terbaik dari 10 grup akan diambil untuk menggenapi peserta Piala Asia U-20 2023 menjadi 16.

Sejauh ini, dari sembilan grup yang sudah menjalani babak kualifikasi, ada empat runner up terbaik yang dipastikan melaju ke putaran final. 

Kata Pelatih Uzbekistan Usai Dipecundangi Jepang di Final Piala Asia U-23

Dari Asia Tenggara ada Indonesia dan Vietnam dengann status juara grup dan runner up terbaik. Namun masih ada peluang satu tim lagi dari Asia Tenggara yang siap bergabung yaitu Thailand. Skuad Gajah Perang secara mengejutkan terancam gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023. 

Thailand menempati urutan kelima klasemen runner up terbaik dengan perolehan 6 poin dan selisih gol plus 3. Torehan ini sama seperti Suriah. Namun, Suriah berada di atas Thailand di klasemen peringkat dua terbaik karena unggul disiplin poin.

Posisi Thailand terbilang tidak begitu aman. Pasalnya, Grup H yang dihuni Irak, Australia, India, dan Kuwait, baru akan menjalani rangkaian pertandingannya, pada Oktober mendatang.

Jika empat tim tersebut bisa mengungguli poin dan selisih gol Thailand, maka Gajah Perang harus rela absen di Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia harap-harap cemas namun masih bangga dengan perjuangan skuad asuhnya. "Kami bangga dengan raihan 6 poin. Kami ingin menang melawan Oman dan lolos, tapi kami tidak sukses," kata Garcia, dilansir Siam Sport.

"Kami masih punya harapan. Saya bangga dengan para pemain yang telah menunjukkan semuanya di atas lapangan. Kami berjuang sampai akhir saat melawan Oman dan Filipina," lanjut dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya