Timnas Wales Mau Ganti Nama Usai Piala Dunia 2022

Skuad Timnas Wales.
Sumber :
  • Marca

VIVA Bola – Timnas Wales dikabarkan sedang mempertimbangkan pergantian nama usai tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka sedang melakukan diskusi dengan FIFA.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Mengutip Daily Mail, Wales sedang berupaya untuk mengganti nama Timnas dengan Cymru. Nama ini sudah banyak mereka gunakan di dalam negeri, termasuk markas sepakbola.

Namun, karena nama Wales yang sudah kadung dikenal di dunia, sebelumnya mereka tidak berpikir untuk melakukan pergantian. Momen masuk Piala Dunia 2022 inilah yang kemudian membuat gagasan pergantian nama muncul.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Gareth Bale catat penampilan ke-100 bersama Timnas Wales

Photo :
  • instagram.com/garethbale11

Keputusan seperti ini tidak akan dilakukan tanpa berkonsultasi dengan tokoh-tokoh kunci, termasuk diskusi informal dengan UEFA. Tapi, mereka melakukannya tanpa terburu-buru.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

"Tim harus selalu dipanggil Cymru, begitulah kami menyebutnya di sini," kata Kepala Eksekutif FAW, Noel Mooney.

"Pandangan kami saat ini adalah bahwa di dalam negeri kami jelas disebut Cymru. Itulah yang kami sebut tim nasional kami," imbuhnya.

Mooney berpikir logis terkait dengan keinginan mengubah nama Wales menjadi Cymru di Piala Dunia 2022. Karena waktunya masih terbilang mepet.

Dia merasa, bisa jadi pergantian nama itu dilakuka setelah penampilan di Piala Dunia 2022. Jika itu terjadi, jelas pergantiannya akan sangat mengesankan.

Pemain Timnas Wales rayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Rui Vieira

"Jika Anda melihat laman resmi kami, bagaimana kami berbicara diri kami sendiri, kami sangat Cymru. Secara internasional kami merasa masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi kami akan pergi ke Piala Dunia ini sebagai Wales," tutur Mooney.

"Tapi, saya pikir pada 2023 akan menjadi tahun ketika kita melakukan diskusi yang baik dengan semua pemangku kepentingan yang berbeda. Apakah itu pemerintah, dewan kita sendiri, dewan dan badan pembuat keputusan, staf, klub, dan para pemain."

Terakhir kali Wales tampil di Piala Dunia pada edisi 1958 di Swedia. Setelah absen panjang, baru kali ini mereka kembali menjadi kontestan ajang empat tahunan.

Wales lolos ke Piala Dunia 2022 setelah melalui babak play-off. Gareth Bale dan kawan-kawan mengalahkan Austria dan Ukraina untuk bisa lolos ke putaran final kali ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya