Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

Sepak Bola Palestina
Sumber :
  • Middle East Monitor

VIVA – Sebuah proposal dari Asosiasi Sepak Bola Palestina kepada 211 federasi anggota FIFA menyerukan sanksi yang sesuai terhadap tim-tim Israel, menurut dokumen FIFA yang dirilis sebulan sebelum pertemuan 17 Mei.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Dilansir dari The Times of Israel pada Jumat 19 April 2024, keputusan tersebut mengklaim pelanggaran hukum internasional yang dilakukan oleh pendudukan Israel di Palestina, khususnya di Gaza dan mengutip komitmen undang-undang FIFA mengenai hak asasi manusia dan menentang diskriminasi.

Sepak Bola Palestina

Photo :
  • Roya News
Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

“Semua infrastruktur sepak bola di Gaza telah hancur, atau rusak parah, termasuk stadion bersejarah Al-Yarmuk,” tulis Palestine FA, mengklaim dukungan terhadap keputusan kongres dari federasi Aljazair, Irak, Yordania, Suriah dan Yaman.

Seruan terbaru untuk menghukum sepak bola Israel tidak akan didukung oleh FIFA dan sepertinya tidak akan mencapai kemajuan karena Israel dapat mengharapkan dukungan global termasuk dari badan sepak bola Eropa yang beranggotakan 55 orang, UEFA, yang bergabung 30 tahun lalu. Kesepakatan kerja sama juga ditandatangani pekan lalu antara pejabat Israel dan badan sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Sepak bola Palestina mengikuti contoh tim Rusia yang dilarang mengikuti kompetisi internasional oleh FIFA dan UEFA selama invasi militer ke Ukraina yang dimulai pada Februari 2022 lalu.

Tim nasional dan klub Israel terus bermain di kompetisi UEFA sejak serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang yang sedang berlangsung di Gaza, meskipun pertandingan dimainkan di Hongaria dan Siprus yang netral karena alasan keamanan.

Pada pembukaan Olimpiade Paris pada bulan Juli lalu, Israel akan bermain di turnamen sepak bola putra dan mengambil bagian dalam pengundian turnamen bulan lalu. Israel tergabung dalam satu grup untuk bermain melawan Mali, yang merupakan negara mayoritas Muslim, Paraguay dan tim Asia yang belum diputuskan.

Laga sepakbola Asian GamesTimnas Indonesia U-23 kontra Palestina U-23

Photo :
  • INASGOC/Charlie

FA Palestina mengatakan dalam proposalnya kepada FIFA bahwa akan ada beberapa asosiasi yang tidak menginginkan bermain bersama Israel.

“Ada kemungkinan besar bahwa beberapa asosiasi sepak bola akan menolak bermain melawan Israel,”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya