Profil Timnas Iran, Kuda Hitam di Grup Neraka Piala Dunia 2022

Duel Timnas Irak Vs Iran
Sumber :
  • Taherannews

VIVA Bola – Profil Timnas Iran, merupakan salah satu wakil dari Asia yang akan bertanding di ajang terakbar bertajuk Piala Dunia pada 2022 di Qatar. Timnas Iran merupakan salah satu dari 32 tim di seluruh dunia dan salah satu dari 6 tim Asia yang akan tampil di Piala Dunia 2022 pada November hingga Desember mendatang.

Carmelita Hartoto Terpilih Jadi Presiden Asosiasi Pemilik Kapal se-Asia Periode 2024-2025

Tim berjuluk Team Melli ini akan tergabung dalam grup B bersama lawan-lawan kuat semacam Inggris, Amerika Serikat dan Wales. Meski tak diunggulkan, Timnas Iran tidak ingin hanya menjadi partisipan semata di ajang ini. Apalagi saat ini Team Melli banyak pemain-pemain yang malang melintang di Eropa.

Pemain Timnas Iran merayakan gol ke gawang Kamboja

Photo :
  • twitter.com/theafcdotcom
Profil Athina Papadimitriou, Calon Istri Pembalap Rio Haryanto Sekaligus Keponakan Sandiaga Uno

Selain itu, Timnas Iran punya status mentereng, yakni menduduki peringkat tertinggi FIFA dari seluruh negara Asia lainnya. Kini, Timnas Iran sendiri masih memegang status tersebut, dengan duduk di peringkat ke-22 dunia, unggul atas Jepang (24), Korea Selatan (28), dan Australia (39).

Karenanya, Timnas Iran pun akan mencoba menjadi kuda hitam di grup B dan membuat kejutan dengan lolos untuk pertama kalinya ke babak gugur Piala Dunia. Lantas bagaimana perjalanan Timnas Iran di Piala Dunia? Dan bagaimana komposisi pelatih serta pemain yang dimiliki Team Melli? Berikut ulasannya.

Kuota Asia Lengkap! 28 Tim Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Perjalanan Lolos ke Piala Dunia

Iran lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mampu memenangkan Grup C di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Tergabung bersama Irak, Bahrain, Hong Kong, dan Kamboja, Iran mampu tampil luar biasa. 

Dari delapan laga yang dimainkan, Iran sukses meraih enam kemenangan dan dua laga sisa mereka menelan kekalahan. Selanjutnya, di babak ketiga Iran tergabung di Grup A.

Pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Iran tergabung di Grup A bersama Korea Selatan, Irak, Suriah, Lebanon, dan Uni Emirat Arab (UEA). Hebatnya lagi, Iran kembali menjadi juara grup setelah menang di delapan laga, sekali imbang, dan satu kali menelan kekalahan.

Berada di peringkat pertama membuat Iran langsung lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Jadwal Iran di Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Iran merayakan gol ke gawang Kamboja

Photo :
  • twitter.com/theafcdotcom

Senin, 21 November 2022

20.00 WIB: Inggris vs Iran

Jumat, 25 November 2022

17.00 WIB: Wales vs Iran

Rabu, 30 November 2022

02.00 WIB: Iran vs Amerika Serikat

Kiprah Iran di Piala Dunia

1978: Babak Pertama

1998: Fase Grup

2006: Fase Grup

2014: Fase Grup

2018: Fase Grup

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya