Ada Barcelona, 8 Tim Ini Turun Kasta ke Liga Malam Jumat

Viktoria Plzen vs Barcelona di Liga Champions
Sumber :
  • AP Photo/Petr David Josek

VIVA Bola –  Babak penyisihan grup Liga Champions 2022/23 telah rampung digelar. Selain tim-tim yang lolos ke babak 16 besar, ada juga yang harus turun kasta ke Liga Europa alias Liga Malam Jumat.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Barcelona menjadi salah satu tim yang harus turun kasta. Ini kali kedua secara beruntun tim besutan Xavi Hernandez turun ke Liga Malam Jumat.

Tim-tim yang turun kasta ini akan berhadapan dengan runner up grup Liga Europa di babak playoff knockout. Juara grup Liga Europa langsung lolos ke babak 16 besar.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Berikut 8 tim yang terlempar ke Liga Malam Jumat:

1. Ajax Amsterdam
Menyandang status juara Eredivisie 2021/22, Ajax ditempatkan di pot pertama. Namun, pada kenyataannya raksasa Belanda ini gagal bersaing dengan Napoli dan Liverpool.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Ajax Amsterdam vs Liverpool

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Ajax hanya meraih dua kemenangan di penyisihan grup. Itu pun melawan Rangers FC yang menjadi juru kunci grup.

2. Bayer Leverkusen
Bayer Leverkusen menjadi satu-satunya wakil Jerman yang gagal melangkah ke babak 16 besar Liga Champions. Empat tim lainnya yakni Bayern Munich, RB Leipzig, Eintracht Frankfurt dan Borussia Dortmund berhasil melaju.

Yannick Carrasco usai gagal penalti Atletico Madrid vs Bayer Leverkusen

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernaandez

Namun, lolosnya Leverkusen ke Liga Malam Jumat memakan korban. Tim yang lebih difavoritkan Atletico Madrid dipaksa menjadi juru kunci dan gagal lolos.

3. Barcelona
Barcelona sebenarnya difavoritkan melaju ke babak 16 besar. Apalagi mereka begitu jor-joran di bursa transfer dengan menggaet Robert Lewandowski, Raphinha dan Jules Kounde.

Striker Barcelona, Robert Lewandowski

Photo :
  • AP Photo/Alberto Saiz

Faktanya, Barca gagal bersaing dengan Inter Milan dan Bayern Munich. Blaugrana gagal memetik satu pun kemenangan melawan dua pesaingnya tersebut.

4. Sporting Lisbon

Sporting CP vs Eintracht Frankfurt di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Armando Franca

Sporting Lisbon sebenarnya memiliki kesempatan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Namun, di partai pamungkas raksasa Portugal ini kalah 1-2 dari Eintracht Frankfurt. Hasil yang mengirim Sporting ke Liga Malam Jumat.

5. Red Bull Salzburg

AC Milan vs Salzburg di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Sesuai prediksi, Red Bull Salburg gagal bersaing dengan Chelsea dan AC Milan di Grup E. Turun ke Liga Europa menjadi hasil yang diraih tim asal Austria ini.

6. Shakhtar Donetsk

Pemain Shaktar Donetsk

Photo :
  • ukrinform.net

Shakhtar Donetsk melewatkan kesempatan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Tampil di kandang sendiri di partai pamungkas melawan RB Leipzig, raksasa Ukraina ini kalah 0-4. Hasil ini membuat mereka turun ke Liga Europa.

7. Sevilla

ManCity vs Sevilla di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Rui Vieira

Sevilla gagal bersaing dengan Manchester City dan Borussia Dortmund. Mereka pun kembali ke habitatnya di Liga Europa.

Hadirnya Sevilla ke Liga Europa bisa menjadi ancaman. Mereka memiliki DNA di kompetisi kasta kedua ini dengan enam gelar juara.

8. Juventus
Juventus hancur lebur di Liga Champions. Bianconeri hanya mampu memetik satu kemenangan dan selalu kalah saat bertemu Benfica dan Paris Saint-Germain (PSG).

Juventus vs PSG di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Juventus beruntung masih mendapat kesempatan tampil di Liga Europa. Dengan poin sama (3), mereka unggul head to head atas Maccabi Haifa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya