Pernah Bawa Zambia dan Pantai Gading Juara Piala Afrika, Ini Profil Herve Renard Manajer Arab Saudi

Manajer Arab Saudi, Herve Renard
Sumber :
  • Twitter: Herve Renard

VIVA Bola - Keberhasilan Timnas Arab Saudi tekuk Timnas Argentina dengan skor 2-1 tak lepas dari taktik gemilang yang diterapkan Herve Renard.

Profil Fat Cat, Gamer Asal China yang Bunuh Diri Akibat Diputus Cinta

Secara mengejutkan, Timnas Arab Saudi mampu menumbangkan Timnas Argentina dalam laga pertama Piala Dunia Grup C pada Selasa malam kemarin, 22 November 2022.

Manajer Arab Saudi, Herve Renard

Photo :
  • Twitter: Manajer Arab Saudi, Herve Renard
Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

Dalam laga tersebut Timnas Arab Saudi sempat tertinggal gol terlebih dahulu melalui tendangan penalti Lionel Messi menit ke 10. Namun di babak kedua, skuad asuhan Herve Renard mampu membalikan keadaan dengan mencetak dua gol, masing-masing dibukukan Saleh Al Shehri (48') dan Salem Al Dawsari (53').

Herve Renard berhasil menghentikan rekor Timnas Argentina yang tidak pernah menelan kekalahan selama 36 pertandingan. Namun di hadapan manajer asal Prancis tersebut membuat Lionel Messi dan kawan-kawan tak mampu berbuat banyak.

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi

Berikut profil dan fakta menarik manajer Timnas Arab Saudi, Herve Renard seperti dilansir berbagai sumber, sebagai berikut:

- Profil Herve Renard

Herve Renard

Photo :
  • diggita.it

Memiliki nama lengkap Herve Jean-Marie Roger Renard lahir pada 30 September 1968. Sebelumnya berkarir menjadi manajer ia adalah pemain sepakbola profesional yang berposisi sebagai pemain belakang. Kini sekarang ia menjabat sebagai manajer Arab Saudi.

Selama karir menjadi pemain sepakbola profesional, Herve Renard pernah memperkuat AS Cannes pada 1983 hingga 1990. Selama tujuh musim bersama klub tersebut, ia tercatat hanya bermain 87 pertandingan. Pada 1991, ia memutuskan untuk bergabung bersama Stade de Vallauris dan tercatat 105 penampilan serta mencetak dua gol.

Ia mengakhiri karir sebagai pemain sepakbola profesionalnya bersama SC Draguignan dan tercatat sudah menjalani 23 pertandingan serta mencetak satu gol. Namun sepanjang karirnya di dunia sepakbola, manajer berusia 54 tahun tersebut belum pernah sama sekali bermain bagi Timnas Prancis.

- Fakta Herve Renard

Herve Renard Bawa Zambia Juara Piala Afrika

Photo :
  • yahoosport

Setelah memutuskan gantung sepatu dari dunia sepakbola prosenail. Ia melanjutkan karirnya menjadi manajer dan klub pertamanya yaitu SC Draguignan pada 1999. di mana klub tersebut juga merupakan klub terakhir dari Herve Renard sebagai pemain sepakbola.

Setelah malang melintang di berbagai klub Prancis. Tepatnya pada 2011, Herve Renard mencoba menerima tawaran untuk menangani Timnas Zambia dan berhasil meraih trofi Piala Afrika pada 2012.

Lalu pada 2014, Herve Renard menerima tawaran Timnas Pantai Gading dan lagi-lagi berhasil meraih trofi Piala Afrika yang kedua kalinya dengan negara berbeda, tepatnya pada 2015. Setelah berhasil membawa Timnas Zambia dan Timnas Pantai Gading meraih juara Piala Afrika.

Setelah berhasil membawa Timnas Pantai Gading meraih Piala Afrika. Ia memutuskan kembali ke Prancis dan menangani klub Ligue 1 yaitu yaitu Lille, namun sayang hanya bertahan satu musim.

Pada 2016, Herve Renard memutuskan menjadi manajer Timnas Maroko hingga 2019. Setelah tiga tahun menjadi manajer Timnas Maroko ia memutuskan menerima tawaran menjadi manajer Timnas Arab Saudi hingga sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya