Wasit Wanita Afrika Catatkan Sejarah di Piala Dunia 2022 Qatar

Wasit wanita asal Rwanda, Salima Mukansanga
Sumber :
  • AP Photo/Themba Hadebe

VIVA Bola – Wasit wanita asal Rwanda, Salima Mukansanga, mencatatkan sejarah di Piala Dunia 2022 Qatar. Sebab, dia menjadi wasit wanita Afrika pertama yang bertugas di Piala Dunia Pria FIFA.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Sudah sejak lama FIFA memberlakukan kesetaraan gender dengan mempersilakan wasit wanita untuk memimpin pertandingan sepakbola pria. Dan itu kembali dilanjutkan pada Piala Dunia 2022.

Mukansanga terpilih sebagai salah satu wasit wanita yang bertugas di pesta sepakbola terakbar sedunia itu. Dua wasit wanita lainnya adalah Stephanie Frappart dari Prancis dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Prancis vs Australia di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Wanita berpaspor Rwanda itu memulai tugasnya di Piala Dunia 2022 dengan menjadi ofisial keempat di Grup D yang mempertemukan Timnas Prancis kontra Timnas Australia di Al Janoub Stadium, dini hari tadi.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

"Ini (bertugas di Piala Dunia Pria FIFA) sangatlah menarik, dan ini jadi keistimewaan buat saya. Saya tak pernah bermimpi untuk bertugas di Piala Dunia pria," kata Mukansanga dikutip soka25east.

"Pertama kali saya dinominasikan pergi ke Piala Dunia, yakni di Prancis pada Piala Dunia Wanita 2019. Jadi, target saya selanjutnya adalah Piala Dunia Wanita 2023 di Selandia Baru," tutur dia.

"Terpilih bertugas di Piala Dunia Pria adalah sesuatu yang baru, kesempatan lain yang bisa kami dapatkan. Itu berarti FIFA mengakui bahwa wanita juga bekerja keras. Bahwa kami menyediakan wasit yang berkualitas dan kami dapat memberikan dan mencapai lebih tinggi, hingga di puncak permainan kompetisi pria."

Prancis vs Australia di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Sebagai informasi, wanita 34 tahun itu sebelumnya mencetak sejarah dengan menjadi wasit utama di Piala Afrika 2021 saat memimpin pertandingan Timnas Zimbabwe versus Timnas Guinea.

Dengan jumlah pertandingan yang masih banyak, Mukansanga masih berpotensi untuk bertugas menjadi wasit utama di salah satu pertandingan Piala Dunia 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya