Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Pelatih Australia U-23 Tony Vidmar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Timnas Australia U-23 tak berdaya kala menghadapi Timnas Indonesia U-23 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024. 

Korea Selatan U-23 Beber Situasi Tak Enak Lawan Indonesia U-23

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis 18 April 2024, Australia menyerah 0-1.

Australia sejatinya tampil dominan. Bahkan punya peluang emas pada menit ke-25 setelah wasit memberikan hadiah penalti usai Komang Teguh melakukan handsball.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Namun, tendangan penalti Mohamed Toure dapat diblok kiper Indonesia Ernando Ari Sutaryadi.

Alih-alih mencetak gol, Australia justu kebobolan pada menit ke-45. Adalah Komang Teguh yang mencatatkan namanya di papan skor.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Pelatih Australia U-23 Tony Vidmar menyebut, gol itu terjadi ketika pemainnya lengah ketika menghadapi situasi bola mati.

"Saya pikir secara keseluruhan kami bermain bagus dalam pertandingan ini," kata Tony Vidmar pada konferensi pers pasca pertandingan dikutip dari A Leagues.

"Kami memainkan sepakbola yang sangat bagus. Jika kami bisa mencetak penalti itu maka saya pikir permainan pasti akan menguntungkan kami," ucap Vidmar menambahkan.

Namun, saat bertahan Vidmar menilai timnya sempat lengah sehingga membuat Indonesia bisa membobol gawang mereka sebelum turun minum.

"Saat bertahan, dengan situasi bola mati, kami tertidur karena hal itu dan itu menggigit Anda. Anda bisa mendapatkan semua keunggulan teritori di tengah lapangan, namun poin diraih di dalam kedua kotak penalti," kata Vidmar. 

Kekalahan dari Indonesia membuat Australia berada di dasar klasemen klasemen Grup A dengan mengemas satu poin dari dua pertandingan yang dijalani.

Sementara Timnas Indonesia U-23 naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan mengemas tiga poin dari dua pertandingan yang dijalani.

Selanjutnya, Australia akan menghadapi tuan rumah Qatar. Sedangkan Timnas Indonesia U-23 menghadapi Yordania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya