Gelandang Barcelona Gavi Jadi Pencetak Gol Termuda Kedua di Piala Dunia

Gavi dalam laga Spanyol vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

VIVA Bola – Gelandang Barcelona, Gavi yang bermain di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Spanyol mengukir rekor. Kini dia jadi pencetak gol termuda kedua sepanjang sejarah turnamen sepakbola bergengsi ini.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Gavi mencetak satu gol saat Spanyol menang telak 7-0 atas Timnas Kosta Rika. Gawang lawan yang dikawal oleh Keylor Navas berhasil dia bobol pada menit ke-74.

Itu adalah gol kelima Spanyol ke gawang Kosta Rika. Sebelumnya yang menjadi pencetak gol adalah Dani Olmo (11'), Marco Asensio (21'), dan Ferran Torres (31' dan 54').

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Spanyol vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Setelah Gavi mencetak gol ke gawang Kosta Rika, giliran Carlos Soler pada menit 90 yang menambahnya. Selang tiga menit kemudian, Alvaro Morata turut mengukir nama di papan skor.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Gavi mencetak gol pertamanya di Piala Dunia ketika berusia 18 tahun 110 hari. Dia cuma kalah dari legenda sepakbola Brasil, Pele.

Pele menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia pada 1958. Ketika itu dia baru berusia 17 tahun 249 hari dan berhasil membobol gawang Swedia.

Gavi dalam laga Spanyol vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Ukiran gol Gavi ini memberi bukti dia layak masuk dalam skuad Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Pelatih Luis Enrique berani memasukkannya meski masih berusia muda.

Gavi dimainkan oleh Enrique sejak menit pertama. Di lini tengah, dia bertandem dengan sesama pemain Barcelona, Pedri dan Sergio Busquets.

Barcelona menyumbang mayoritas 11 pemain utama Spanyol melawan Kosta Rika. Karena selain ketiga pemain tersebut, ada juga Ferran Torres dan Jordi yang dipercaya Enrique.

Gavi tak lantas bisa berpuas diri dengan capaian ini. Karena tugasnya untuk bisa membawa Spanyol berprestasi di Piala Dunia 2022 masih panjang.

Masih ada dua laga lain yang mesti dilakoni tim berjuluk La Furia Roja. Selanjutnya mereka akan berhadapan dengan Jerman dan Jepang.

Dua pertandingan yang tak mudah untuk dilalui. Karena Jerman adalah tim unggulan dengan barisan pemain berkualitas.

Sedangkan Jepang adalah wakil dari Asia yang memberi kejutan. Pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022, mereka mengalahkan Jerman dengan skor 2-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya