4 Pesepakbola Keturunan Indonesia Ini Pernah Sukses Main di Piala Dunia dengan Timnas Belanda

Para pemain Timnas Belanda merayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2024

VIVA Bola – Piala Dunia selalu menjadi perbincangan hangat setiap edisinya. Indonesia pun memiliki sejarah panjang terkait Piala Dunia. Meski sudah ikut andil dari tahun 1938, tapi saat itu Indonesia masih menjadi koloni Belanda (Hindia Belanda).

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Berbicara mengenai sepakbola Indonesia dan Belanda tentu tak ada habisnya. Apalagi ada pesepakbola keturunan Indonesia yang pernah sukses bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda, siapa saja mereka?

Timnas Belanda vs Latvia

Photo :
  • twitter.com/OnsOranje
Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Siapa saja mereka? Berikut deretan pesepakbola keturunan Indonesia yang pernah sukses bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda:

4. Pascal Struijk

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Pemain Leeds United berdarah Indonesia, Pascal Struijk.

Photo :
  • instagram.com/pascalstruijk

Pascal Struijk dikabarkan akan manggung di Piala Dunia 2022 yang akan datang. Siapa sangka, Timnas Belanda ini ternyata berdarah Indonesia. Meski baru berusia 23 tahun, Struijk memiliki kemampuan yang baik ketika di Leed United.

Struijk berakhirnya darah Indonesia melalui kakek dan nenek dari ayahnya. Pemain dengan tinggi 190 ini bisa saja memperkuat Indonesia namun ia tidak akrab dengan sepakbola Asia Tenggara.

3. Nigel de Jong

Nigel de Jong

Photo :
  • http://www.skysports.com

Pesepakbola keturunan Indonesia yang pernah sukses bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda adalah Nigel de Jong. Ia bermain bersama Timnas Belanda di Piala Dunia 2010. Saat itu, ia menempati posisi sebagai gelandang.

Nigel de Jong lahir pada 30 November 1984 di Amsterdam. Meski berkewarganegaraan Belanda, ia memiliki darah Indonesia melalui Sang Ibu yang berasal dari Maluku.

2. John Heitinga

Wesley Sneijder, Jeremain Lens, Ricky van Wolfswinkel, John Heitinga

Photo :
  • Nike Indonesia

John Heitinga yang pernah berlaga di Piala Dunia 2006 dan 2010 ternyata keturunan Indonesia. Saat itu, ia berseragam Timnas Belanda menempati posisi bek. Ia juga menjadi pemain yang sangat diandalkan di Everton.

Dalam sebuah wawancara, John Heitinga mengatakan bahwa ia lahir di Jakarta. Darah Indonesia mengalir dari sang ayah yang juga lahir di Jakarta. Sedangkan kakeknya berasal dari Pulau Belitung.

Pada tahun 1950, keluarga besar Heitinga menetap di Belanda. Itulah mengapa pria kelahiran 15 November 1983 ini menjadi pemain Belanda.

1. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni Van Bronckhorst Saat Laga Starbol di SUGBK Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Giovanni van Bronckhorst saat ini telah menjadi pelatih Rangers FC. Sepanjang karirnya, ia pernah menjadi bagian dari Timnas Belanda. Apalagi ia ikut andil dalam Piala Dunia 1998, 2006 dan 2010. Tak hanya itu, di Piala Dunia 2010 ia berperan sebagai kapten tim.

Giovanni van Bronckhorst mengaku darah Indonesia diturunkan dari ibu dan neneknya. Nenek van Bronckhorst memiliki darah Maluku. Tahun 1950, seluruh keluarganya hijrah ke Belanda.

Demikian deretan pesepakbola keturunan Indonesia yang pernah sukses bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya