Piala Dunia 2022: 8 Fakta Menarik Timnas Korea Selatan vs Timnas Ghana

Timnas Korea Selatan
Sumber :
  • instagram.com/thekfa

VIVA Bola – Timnas Korea Selatan akan menghadapi Timnas Ghana di pertandingan kedua Grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Ar Rayyan, Qatar, Senin 28 November 2022 (20.00 WIB).

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Korea Selatan saat ini menghuni posisi dua Grup H dengan koleksi 1 poin. Sementara Ghana berada di dasar klasemen dengan 0 poin. Sedangkan puncak klasemen dan posisi tiga dikuasai Portugal (3 poin) dan Uruguay (1 poin).

Bagaimana peluang kedua tim di pertandingan nanti? Berikut ini 8 fakta menarik kedua tim jelang pertandingan:

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Ghana memimpin statistik menang kalah dengan ulan 4-3 dalam tujuh pertemuannya dengan Korea Selatan sebelum ini, dan semuanya terjadi pada pertandingan persahabatan internasional.

Kedua negara pertama kali bertemu pada 1982 di Kuala Lumpur, Malaysia, menjelang Piala Dunia Brazil 2014 di mana Ghana menang telak 4-0 berkat hattrick Jordan Ayew.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Korea Selatan adalah satu-satunya negara Asia yang mencapai semifinal Piala Dunia ketika menjadi tuan rumah edisi 2002, sementara Ghana menjadi satu dari tiga negara Afrika yang melangkah lebih jauh dari sekadar fase grup sampai berhasil mencapai perempat final pada 2010.

Korea Selatan menjadi tim Asia yang paling sering tampil dalam putaran final Piala Dunia dengan sebelas penampilan. Yang pertama mereka lakukan adalah pada edisi 1954, namun sejak 1986 mereka sudah 10 kali berturut-turut masuk putaran final.

Ghana menjadi tim Afrika ketiga yang dihadapi Korea Selatan dalam turnamen Piala Dunia. Sebelumnya mereka diimbangi Nigeria pada 2006 dan dikalahkan Aljazair pada 2014.

Satu-satunya tim AFC yang pernah dihadapi Ghana sebelumnya adalah Australia pada Piala Dunia 2010 ketika saat itu berakhir imbang 1-1.

Ghana tampil pertama kali dalam Piala Dunia pada 2006 dan putaran final kali ini adalah yang keempat kalinya bagi Ghana.

Bintang Hitam menjuarai Piala Afrika keempatnya sebelum dinyatakan lolos ke putaran final Piala Dunia pertamanya.

(Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya