Ungkapan Stephanie Frappart Jelang Cetak Sejarah Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia

Stephanie Frappart
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bola – Stephanie Frappart ungkapkan kesiapannya jelang ukir sejarah sebagai wasit wanita pertama di Piala Dunia pria. Wasit asal Prancis itu akan memimpin laga pertamanya di Qatar pada pertandingan Timnas Jerman kontra Timnas Kosta Rika.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Laga itu akan dimainkan di Stadion Al Bayt, Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB. Stephanie Frappart akan ditemani oleh tim wasit yang semuanya perempuan untuk laga itu.

Al Bayt Stadium

Photo :
  • fifa
Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Namun, ini bukan pertama kalinya wanita Prancis 38 tahun itu membuatnya masuk dalam sejarah sepak bola dunia. Frappart juga menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Prancis dan Liga Champions. Dia juga pernah dipercaya menjadi wasit final Piala Dunia Wanita 2019.

“Piala Dunia pria merupakan kompetisi olahraga paling penting di dunia. Saya pernah menjadi wasit wanita pertama di Prancis dan Eropa, jadi saya paham bagaimana menghadapinya,” tutur Frappart.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Selain Stephanie Frappart, ada juga dua wasit wanita lainnya di Piala Dunia 2022, yakni Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Ketua Komisi Wasit FIFA Pierluigi Collina mengatakan, ketiga wasit perempuan yang akan bekerja di Piala Dunia 2022 memang punya kapabilitas yang cukup untuk melakukan pekerjaannya.

“Mereka dipilih bukan karena wanita, tapi karena wasit FIFA. Mereka bisa memimpin pertandingan apa pun,” tegas Colina.

Stephanie Frappart akan menjadi wanita yang memimpin di Kejuaraan Eropa putra

Photo :
  • Sports Mole

Selain wasit utama, FIFA juga memberikan kepercayaan kepada tiga asisten wasit wanita, Neuza Back, Kathryn Nesbitt dan Karen Díaz Medina, juga untuk pertama kalinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya