Usai Hajar Korea Selatan, Brasil Ciptakan Rekor di Piala Dunia

Kiper Timnas Brasil, Alisson, digantikan Weverton.
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA Bola – Kemenangan 4-1 Timnas Brasil atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022, pada Selasa 6 Desember 2022, dini hari WIB, membuat mereka menciptkan rekor yang cukup mengesankan.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Mengutip 90min, masuknya kiper ketiga Weverton untuk menggantikan Alisson di 10 menit terakhir membuat Selecao menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Dunia yang menggunakan 26 pemain berbeda dalam satu edisi putaran final.

Para pemain Timnas Brasil merayakan kemenangan atas Korea Selatan.

Photo :
  • AP Photo/Andre Penner
Disiram Air Keras, Faisal Halim Sempat Bikin Gol Terbaik di Piala Asia 2023

Ini adalah edisi pertama di mana setiap tim yang lolos ke putaran final memungkinkan untuk memakai pemain sebanyak mungkin, karena ada peningkatan dari batas sebelumnya yang hanya 23.

Pelatih Timnas Brasil, Tite, telah melakukan perubahan besar-besaran dalam laga penyisihan grup terakhir melawan Kamerun, karena sudah memastikan tiket babak 16 besar. Makanya, Tite memainkan beberapa penggawa pelapis skuadnya di laga tersebut.

Timnas Korea Utara Bantai Korea Selatan 7-0 di Bali

Setelah memutuskan memasang Ederson di laga melawan Kamerun, kiper Palmeiras Weverton menjadi orang terakhir dari daftar 26 pemain Brasil yang turun ke lapangan pada Piala Dunia tahun ini.

Brasil kini telah menciptakan rekor sebagai tim yang menggunakan pemain paling banyak di putaran final Piala Dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Timnas Belanda yang menurunkan 23 pemain pada Piala Dunia 2014, setelah memasukkan Michel Vorm di menit akhir dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Brasil.

Skuad besutan Tite tentu berharap bisa menciptakan lebih banyak sejarang di tahun 2022 setelah melaju ke perempatfinal. Mereka akan menghadapi Kroasia di fase tersebut pada Jumat 9 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya