Paulo Bento Mundur setelah Korea Selatan Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Paulo Bento, eks Manajer Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • KFA

VIVA Bola – Pelatih Timnas Korea Selatan, Paulo Bento resmi mengundurkan diri setelah timnya mengalami kekalahan telak 1-4 dari Timnas Brasil di babak 16 besar di Piala Dunia 2022 di Stadion 974 Qatar, Senin 5 Desember 2022 (Selasa dini hari WIB). Kekalahan ini membuat Son Heung-min Cs gagal lolos ke babak perempat final.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

"Kami harus memikirkan masa depan, dan itu tidak akan bersama tim nasional Korea Selatan," ujar Bento dalam konferensi pers setelah pertandingan, dilansir The Athletic, Selasa, 6 Desember 2022

Pelatih Timnas Korea Selatan, Paulo Bento

Photo :
  • Twitter/@theKFA
Netizen Korea Selatan Ingin Orang Ini Mundur Usai Kalah dari Indonesia U-23

Mantan arsitek Timnas Portugal ini juga memastikan, keputusan pengunduran diri ini sudah dipikirkan secara matang olehnya. Para pemain hingga federasi pun sudah diberitahu bahwa dirinya tidak akan melatih skuad berjuluk Taeguk Warriors lagi selepas Piala Dunia 2022.

"Saya baru saja mengumumkan kepada para pemain dan presiden Federasi Sepakbola Korea Selatan dan ini adalah keputusan yang sudah saya tetapkan sejak September," katanya.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

"Hari ini saya telah menyatakan dan saya harus berterima kasih kepada mereka (Timnas Korea Selatan) atas semua yang telah mereka lakukan. Mereka telah memberikan yang terbaik dan saya sangat senang dan bangga menjadi pelatih mereka," tambahnya.

Sementara itu, kekalahan telak skuad besutan Paulo Bento dari Timnas Brasil membuat seluruh wakil Asia rontok di babak 16 besar Piala dunia 2022. Sebelum Korea Selatan, Asia harus kehilangan Australia dan Jepang yang sama-sama gugur pada di babak 16 besar.

Australia menjadi tim Asia pertama yang pulang setelah dikalahkan Argentina dengan skor 1-2 melalui gol Lionel Messi (35') dan Julian Alvarez (57).

Kapten Timnas Korea Selatan, son Heung-min

Photo :
  • AFP

Kemudian, Jepang yang sempat unggul atas Kroasia di babak pertama harus kalah dalam drama adu tendangan penalti. Samurai Biru dikalahkan Kroasia dengan skor 1-3 sehingga satu-satunya harapan ada di pundak Korea Selatan.

Namun, permainan apik yang ditunjukkan Ksatria Taeguk saat mengalahkan Portugal pada fase grup tidak berlanjut ketika bertemu Brasil. Son Heung-min dan kawan-kawan hancur lebur di tangan Brasil sehingga membuat wakil Asia di Piala Dunia 2022 habis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya