Kalah di Perebutan Tempat Ketiga, Timnas Maroko Tetap Catat Sejarah

Timnas Maroko tetap sujud syukur meski kalah dari Kroasia di perebutan posisi 3
Sumber :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

VIVA Bola – Timnas Maroko gagal merebut posisi ketiga di Piala Dunia 2022. Perjalanan Hakim Ziyech dan kawan-kawan di Qatar berakhir antiklimaks usai tumbang 1-2 dari Timnas Kroasia di Khalifa International Stadium, Sabtu 17 Desember 2022.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Meskipun demikian, catatan sejarah tetap ditorehkan oleh Maroko. Yang pertama, mereka menjadi satu-satunya tim Afrika sekaligus Arab yang berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia.

Catatan lainnya adalah, Maroko menyamai prestasi Timnas Amerika Serikat dan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia. The Atlas Lions menjadi tim ketiga di luar Eropa dan Amerika Selatan yang menembus semifinal.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Gelandang Timnas Maroko Sofyan Amrabat berduel dengan Kylian Mbappe

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Dilansir berbagai sumber, catatan tersebut pertama kali diraih Amerika Serikat di Piala Dunia 1930. The Yanks menembus semifinal usai menjuarai Grup 4. AS menaklukkan Belgia 3-0 dan Paraguay 3-0 dan mengamankan tiket ke semifinal.

Disiram Air Keras, Faisal Halim Sempat Bikin Gol Terbaik di Piala Asia 2023

Di semifinal, AS kalah 1-6 dari Argentina. Saat itu, tak ada perebutan peringkat ketiga.

Pada 1986, FIFA memberikan klasemen untuk setiap edisi Piala Dunia berdasarkan jumlah poin yang diraih. AS pun dinobatkan sebagai peringkat ketiga Piala Dunia 1930.

Catatan Magis Korea Selatan
Catatan sejarah sebelumnya sempat ditorehkan Korea Selatan saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Jepang. Armada Guus Hiddink menjadi tim Asia pertama yang menembus ke semifinal.

Korsel mampu menjadi juara Grup D. Taegeuk Warriors mampu finis di atas Amerika Serikat, Portugal dan Polandia.

Ahn Jung-Hwan

Photo :

Korsel mengalahkan dua tim Eropa, Portugal dan Polandia. Mereka bermain imbang 1-1 melawan Amerika Serikat.

Di babak 16 besar, Korsel mengalahkan Italia 2-1, lalu menang 5-3 (0-0) atas Spanyol di perempatfinal. Langkah Korsel dihentikan Jerman di semifinal usai kalah 0-1.

Pencapaian Korsel sama dengan Maroko di Piala Dunia 2022. Mereka kalah 2-3 dari Turki dalam duel perebutan tempat ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya