Akhir 36 Tahun Penantian Argentina di Piala Dunia, Messi Lanjutkan Sukses Maradona

Lionel Messi antar Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA Bola – Timnas Argentina sukses mengunci gelar Piala Dunia 2022 usai menumbangkan Timnas Prancis dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 3-3 selama 120 menit dalam duel di Lusail Stadium, Qatar, Minggu 18 Desember 2022.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Prestasi ini membuat Lionel Messi menyamai sukses yang ditorehkan Diego Maradona.

Messi diketahui membukukan dua gol pada laga final yang berlangsung sangat seru ini. Satu gol lainnya disumbangkan oleh Angel Di Maria.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Sementara, di kubu Prancis, Kylian Mbappe memborong seluruh gol Les Bleus yang memaksakan pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Selebrasi pemain Argentina usai bobol gawang Prancis di final Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Petr David Josek
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Kemenangan ini mengantarkan Argentina membawa pulang trofi Piala Dunia untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah. Sebelumnya, La Albiceleste mampu menjadi kampiun pada edisi 1978 dan 1986.

Kali terakhir Tim Tango juara, Diego Maradona tampil menjadi bintang. Dia yang menjadi aktor utama yang mengantarkan Argentina keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Jerman Barat 3-2 di partai final.

Meski berstatus unggulan di setiap turnamen ini digelar, tapi Argentina nyatanya kerap kesulitan untuk menembus partai puncak. Tercatat, Argentina baru enam kali merasakan laga final, dan memenangkan tiga di antaranya.

Kini, setelah melewati puasa gelar selama 36 tahun, Argentina berhasil kembali mengangkat trofi Piala Dunia dan membawanya pulang ke kampung halaman.

Kesuksesan ini tak lepas dari peran Messi sepanjang turnamen. Dia sama pentingnya dengan Maradona kala tampil di Piala Dunia 1986.

Dan dengan raihan juara di Piala Dunia 2022, Messi secara sah menjadi penerus Maradona lantaran keduanya sama-sama mengantarkan Argentina menjadi juara dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya