Usai Shin Tae-yong dan Paulo Bento, Korea Selatan Kini Dilatih Klinsmann

Juergen Klinsmann latih Timnas Korea Selatan
Sumber :
  • AFP/Carl de Souza

VIVA – Federasi sepakbola Korea Selatan resmi mengumumkan Juergen Klinsmann sebagai pelatih Taeguk Warriors.

Pelatih PSIS Yakin Adi Satryo Bisa Jadi Kiper Utama Timnas Indonesia

Klinsmann dikontrak 3,5 tahun yang berarti hingga putaran final Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat

Juru taktik asal Jerman itu mengisi kekosongan yang ditinggalkan Paulo Bento. Paulo Bento memutuskan mundur selepas Piala Dunia 2022 lalu. Dia itu membawa Taeguk Warriors mencapai babak 16 besar. 

Wejangan Pelatih Masa Kecil Pratama Arhan Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

"Saya sangat senang dan terhormat untuk mengikuti jejak para pelatih besar yang sudah menangani tim nasional Korea," ungkap Klinsmann dikutip BBC.

Paulo Bento, eks Manajer Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022

Photo :
  • KFA
11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

"Saya tahu tim nasional Korea sudah meningkat dan mencapai hasil-hasil untuk waktu yang panjang. Saya akan melakukan yang terbaik demi meraih hasil-hasil sukses, di Piala Asia dan Piala Dunia 2026," sambungnya.

Sebelum menangani Timnas Korea Selatan, Klinsmann pernah membawa negaranya finis ketiga di Piala Dunia 2006 sebagai tuan rumah. Ia kemudian melatih Amerika Serikat dan membawa mereka ke fase gugur Piala Dunia 2014 di Brasil.

Sementara Korea Selatan akan melanjutkan tradisi selalu ganti pelatih setiap edisi Piala Dunia. Sebelum Paulo Bento pada 2022 lalu, Korsel dilatih oleh pelatih lokal, yakni Shin Tae-yong pada Piala Dunia 2018.

Meski tersingkir dari babak penyisihan, Korea Selatan di bawah Shin Tae-yong mampu memberikan kejutan dengan mengalahkan Jerman 2-0 sang juara bertahan. Hasil itu bahkan memaksa Die Mannschaft tersingkir dengan status juru kunci.

Shin Tae-yong saat Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022

Photo :
  • pssi.org

Usai Piala Dunia 2018 Shin Tae-yong mundur dari jabatannya. Setahun kemudian, atau pada 2019, dia menerima pinangan PSSI untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya